Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Triumph Daytona Baru Resmi Meluncur, Sasar Pemula

Kompas.com - 10/01/2024, 12:42 WIB
Muhammad Fathan Radityasani,
Agung Kurniawan

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Triumph resmi memperkenalkan Daytona terbaru, Selasa (9/1/2024). Motor dengan gaya sporty tersebut menggunakan basis Trident 660, jadi motor yang sangat mudah dikendarai di kelas menengah.

Dikutip dari Motorcyclenews, motor yang banyak ditunggu ini memakai mesin 660cc tiga silinder yang sudah dipakai Trident 660 dan Tiger Sport 660. Bedanya sama generasi sebelumnya (Daytona 765 Moto2), Daytona baru lebih halus dan bisa dipakai sehari-hari.

Bahkan bisa Triumph bilang kalau Daytona tidak lebih sporty dari Yamaha R7 dan lebih mendekati Honda CBR650R. Jadi arahnya memang ke motor sport dengan fairing yang kalem, bukan buat trek.

Baca juga: Triumph Siapkan Daytona 660, Meluncur Awal 2024

Triumph Daytona 660 baruMOTORCYCLENEWS Triumph Daytona 660 baru

Jadi nantinya Daytona bisa menjadi batu loncatan buat pengendara yang mau naik kelas ke motor yang mesinnya lebih besar. Harga dari motor ini di Inggris adalah 8.595 Poundsterling atau setara Rp 170 jutaan.

Mari kita bahas dari sektor mesin, walau mengambil dari Trident, tapi bagian dalamnya sudah ditingkatkan. Hasilnya tenaganya 17 persen lebih besar (94 TK) dan torsinya 9 persen naik, jadi 69 Nm di mana 80 persen torsinya ada di putaran mesin 3.125, cocok buat harian.

Peningkatan tenaga ini bisa diraih berkat penggunaan crankshaft, camshaft, dan profile cam yang baru. Kepala silinder serta model knalpot yang baru membuat kompresinya naik, dari 11,95:1 jadi 12,05:1.

Baca juga: Video Viral, Pengendara Motor Kabur Saat Razia Knalpot Brong


Pada bagian posisi duduk, posisinya lebih sporty dari Trident, posisi kaki lebih naik dan mundur dengan setang yang rendah. Walau begitu, Triumph merancang sensasi berkendara yang tetap nyaman walau di kecepatan rendah.

Bagian suspensi pakai Showa 41mm di depan dan suspensi belakang yang bisa disetel preload. Sedangkan pelek pakai model alloy 17 inci, pengereman depan ganda dengan cakram 310mm memakai kaliper empat piston.

Fitur lainnya juga disematkan seperti semua perlampuan sudah LED. Bagian instrumen pakai model kombiasi layar LCD dan TFT yang bisa terhubung ke telepon genggam. 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com