Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Honda Siapkan 14 Miliar Dollar AS buat Investasi Pabrik EV di Kanada

Kompas.com - 08/01/2024, 14:41 WIB
Ruly Kurniawan,
Azwar Ferdian

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Produsen kendaraan bermotor asal Jepang, Honda Motor, sedang mempertimbangkan untuk membangun pabrik kendaraan listrik atau electric vehicle (EV) di Kanada.

Melansir Nikkei, dana yang disiapkan untuk proyek tersebut mencapai 2 triliun yen alias setara dengan 14 miliar dollar Amerika Serikat (AS). Menjadikannya salah satu investasi terbesar pembuat mobil asal Jepang di sana.

Melalui langkah tersebut, diharapkan Honda dapat bersaing dengan AS dan Eropa dalam produksi kendaraan listrik.

Baca juga: Dongkrak Tenaga Mesin Lewat Opsi Remap ECU

Ilustrasi pabrik Honda di Malaysia.PAULTAN.org Ilustrasi pabrik Honda di Malaysia.

Laporan tersebut mengatakan bahwa terdapat beberapa lokasi potensial yang diincar Honda, termasuk di samping pabrik mobil yang sudah ada di provinsi Ontario.

Mereka diperkirakan akan mengambil keputusan pada akhir tahun 2024, dan fasilitas baru tersebut akan mulai beroperasi pada awal tahun 2028.

Honda sendiri sebenarnya sudah memiliki rencana untuk membuat kendaraan listrik dan baterai di negara bagian Ohio, AS, mulai tahun 2026.

Baca juga: Tarif Resmi Perpanjangan SIM A per Januari 2024

Sehingga rencana pabrik kendaraan listrik di Kanada, jika memang jadi diluncurkan akan menjadi pabrik keduanya di Amerika Utara.

Ketertarikan Honda membangun pabrik di Kanada ini sejalan dengan pengumuman negara tersebut bulan lalu, yang secara efektif akan mengakhiri penjualan kendaraan penumpang baru yang hanya menggunakan bahan bakar bensin atau solar pada 2035 mendatang.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com