Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Jokowi Resmikan Tol Pamulang-Cinere-Raya Bogor, Simak Tarif Tol Cijago

Kompas.com - 08/01/2024, 13:02 WIB
Aprida Mega Nanda,
Azwar Ferdian

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Presiden Republik Indonesia (RI) Joko Widodo (Jokowi) meresmikan jalan Tol Pamulang-Cinere-Raya Bogor, pada Senin (8/1/2024). Seremonial ini dilakukan di Gerbang Tol Limo Utama, Depok, Jawa Barat.

“Pada pagi hari ini saya resmikan jalan Tol Pamulang-Cinere-Raya Bogor di Kota Depok, Provinsi Jawa Barat,” ucap Jokowi, melansir YouTube Sekretariat Presiden, Senin (8/1/2024).

Jokowi melanjutkan, Tol Pamulang-Cinere-Raya Bogor di Kota Depok memiliki panjang keseluruhan 14,8 Km. Jalan tol ini merupakan bagian dari Tol Jakarta Outer Ring Road (JORR) 2, yang sekaligus akan melengkapi struktur jaringan jalan tol di kawasan Jabodetabek.

Baca juga: Dongkrak Tenaga Mesin Lewat Opsi Remap ECU

“Pengoperasian jalan tol ini akan memberikan lebih banyak pilihan bagi masyarakat, terutama yang tinggal di Cibubur, Bogor, Tangerang, untuk menjangkau tempat di Bandara Soekarno Hatta dan lain-lainnya tanpa perlu masuk ke tol dalam kota,” kata Jokowi.

“Ini akan memperlancar mobilitas orang, barang, mobilitas logistik yang kita harapkan akan mengurangi kemacetan dan masyarakat memiliki pilihan alternatif menggunakan ruas jalan yang lebih lancar,” lanjutnya.

Presiden Jokowi resmikan Tol Pamulang-Cinere-Raya Bogor pada Senin (8/1/2024).Kompas.com/Aisyah Sekar Ayu Maharani Presiden Jokowi resmikan Tol Pamulang-Cinere-Raya Bogor pada Senin (8/1/2024).

Kehadiran ruas Pamulang-Cinere-Raya Bogor membuat adanya penyesuaian tarif untuk ruas Tol Cijago. Berikut tarif ruas Tol Cijago, berdasarkan Surat Keputusan (SK) Menteri PUPR No. 1916/KTPS/M/2023 yang diterima PT Translingkar Kita Jaya (TLKJ) selaku Badan Usaha Jalan Tol (Bujt):

-Gol I : Rp 15.000
-Gol II : Rp 23.000
-Gol III : Rp 23.000
-Gol V : Rp 30.000

Selain itu, dengan diresmikannya tol Pamulang-Cinere-Raya Bogor, pengendara yang berasal dari wilayah Ciawi, Bogor, Sentul, Cibinong, Cimanggis, Cibubur, Ciracas, hingga Taman Mini kini bisa menuju Bandara Soekarno Hatta dengan masuk Tol Jagorawi terlebih dulu.

Kendaraan Golongan I yang masuk Tol Jagorawi dikenakan tarif Rp 7.500. Kemudian masuk Tol Cijago dikenakan tarif Rp 15.000.

Kendaraan akan menyusuri Tol Cijago hingga melewati GT Limo Utama lalu masuk Tol Serpong-Cinere dengan tarif Rp 11.000.

Baca juga: Paket Modifikasi Lampu Biled, Mulai Rp 1,5 Juta

Kemudian kendaraan terus menuju ke arah Barat Laut sampai Simpang Susun Serpong dan masuk ke ruas Tol Kunciran-Serpong dengan tarif Rp 21.000.

Dari situ, kendaraan tinggal diarahkan masuk ke Tol Prof. DR. Insinyur Sedyatmo (Cengkareng) yang bertarif Rp 8.500, dan pilih ruas jalan menuju Bandara Soekarno-Hatta.

Sehingga jika di total, tarif Tol Jagorawi menuju Tol Prof. DR. Insinyur Sedyatmo (Cengkareng) atau sampai Bandara Soekarno-Hatta sebesar Rp 63.000.

Berikut rincian tarif tol:
-Tol Jagorawi : Rp 7.500
-Tol Cijago : Rp 15.000
-Tol Serpong-Cinere : Rp 11.000
-Tol Kunciran-Serpong : Rp 21.000
-Tol Prof. DR. Insinyur Sedyatmo (Cengkareng) : Rp 8.500

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com