Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Toyota Rangga Hidupkan Lagi Segmen Pikap

Kompas.com - 05/01/2024, 19:11 WIB
Ruly Kurniawan,
Azwar Ferdian

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - PT Toyota Astra Motor (TAM) memastikan bahwa kendaraan komersial terbaru Toyota Rangga akan diluncurkan pada awal 2024 ini.

Sejalan dengan hal tersebut, saat ini perseroan sedang melakukan sejumlah persiapan supaya ketika waktu peluncurannya tiba, mobil bisa langsung dijual ke masyarakat lokal.

"Sekarang masih proses persiapan, termasuk homologasi. Rencana (launching) tahun ini," ujar Direktur Pemasaran TAM Anton Jimmi Suwandy saat dihubungi Kompas.com, Jumat (5/1/2024).

Baca juga: Begini Cara Menolong Korban Kecelakaan Lalu Lintas yang Benar

Toyota Hilux Champ resmi meluncur di Thailand Motor Expo (TME) 2023. Toyota Rangga versi Thailand ini digadang menjadi kendaraan niaga serbaguna yang dapat dimodifikasi sesuai kebutuhan.Foto: KOMPAS.com/Dio Dananjaya Toyota Hilux Champ resmi meluncur di Thailand Motor Expo (TME) 2023. Toyota Rangga versi Thailand ini digadang menjadi kendaraan niaga serbaguna yang dapat dimodifikasi sesuai kebutuhan.

Lantas, apakah mobil akan langsung diproduksi di dalam negeri melalui fasilitas PT Toyota Motor Manufacturing Indonesia (TMMIN)?

Menanggapi hal itu, Anton belum mau membuka keran informasinya. Pasalnya, banyak pertimbangan dan persiapan yang harus dilalui dahulu sebelum dapat memutuskan langkah dimaksud.

Mengingat dalam proyek pengembangan dan produksi kendaraan komersial di Asia Tenggara, memang sudah menjadi jatah Toyota Thailand. Terlebih mereka punya basis pasar domestik yang sangat tinggi yaitu 2,7 juta unit.

Oleh karenanya, Rangga lebih dulu diluncurkan di sana pada penghujung tahun lalu dengan nama Hilux Champ.

Baca juga: Spesifikasi BYD Seal yang Siap Jegal Hyundai ioniq 6

Toyota Rangga Concept di JMS 2023Dok. Toyota Toyota Rangga Concept di JMS 2023

Namun semua kemungkinan masih terbuka, apalagi Toyota Indonesia memiliki rencana jangka panjang terhadap segmen komersial yang hendak digairahkan kembali.

"(Langkah) ini sekaligus menjadi bukti Toyota kembali serius ke dunia komersial. Kami punya Hilux, hi Ace, dan (penggerak) 4x2,” kata Anton dalam kesempatan terpisah.

Berdasarkan data spesifikasi dari Toyota Motor Thailand, Rangga memiliki panjang 5,3 meter, lebar 1,78 meter, dan tinggi 1,735 meter.

Mobil ini dibekali tiga jenis mesin tersedia, yakni bensin 2.000 cc dan 2.700 cc, serta 2.400 cc diesel. Semua varian menggunakan penggerak roda belakang (RWD) dan tak ada versi AWD ataupun double cabin.

Baca juga: Harga SUV Medium Bekas Awal 2024, CR-V mulai Rp 60 Jutaan

Mesin 2.000 cc bensin, yakni 1TR-FE, punya tenaga 139 hp dan torsi 183 Nm dengan opsi transmisi manual 5 percepatan.

Sementara mesin bensin 2.700 cc, 2TR-FE, tenaganya 166 hp dan torsi 245 Nm yang dikawinkan satu transmisi, otomatis 6 percepatan.

Sedangkan mesin diesel 2GD-FTV 2.400 cc ditawarkan dengan opsi transmisi 5 percepatan dan otomatis 6 percepatan yang mampu mengeluarkan tenaga sebesar 150 hp dan torsi 343 Nm.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com