Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Daftar Resmi Pebalap MotoGP 2024, 6 Pebalap Pindah Tim

Kompas.com - 02/01/2024, 17:49 WIB
Donny Dwisatryo Priyantoro,
Azwar Ferdian

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - MotoGP 2024 akan dimulai pada Maret dengan total sementara ada 22 seri. Daftar pebalapnya sudah resmi, masing-masing sudah menandatangani kontrak dengan timnya. Tercatat ada enam pebalap yang pindah tim.

Seharusnya, para pebalap baru akan mencari tim baru pada akhir musim 2024. Sebab, sebagian besar kontrak pebalap memang baru habis di akhir tahun ini.

Baca juga: Ide Stoner Untuk Datangkan Kembali Suzuki dan Kawasaki ke MotoGP

Namun, karena Marc Marquez menyudahi kontraknya dengan Honda satu tahun lebih awal alias tahun ini, maka bursa transfer pebalap langsung memanas beberapa waktu lalu. Marc keluar setelah 11 tahun bersama Honda demi pindah ke tim satelit Ducati, yakni Gresini Racing.

 
 
 
View this post on Instagram
 
 
 

A post shared by MotoGP™ (@motogp)

Marc menjadi rekan setim dari adik kandungnya, yakni Alex Marquez. Tapi, kepindahan Marc ke tim ini membuat Fabio Di Giannantonio tersingkir.

Sempat dikabarkan akan menjadi pengganti Marc di Honda, ternyata pebalap yang akrab disapa Diggia tersebut tidak jadi dipilih. Honda malah menerima Luca Marini yang hengkang dari VR46 Racing Team.

Baca juga: VR46 MotoGP Team Bakal Makin Kompetitif Bareng Pertamina Lubricants

Padahal, beberapa bulan sebelumnya, adik tiri dari Valentino Rossi ini sudah memperpanjang kontrak dengan timnya. Tapi, VR46 mendukung keputusan Marini yang ingin pindah ke tim pabrikan.

Alex Marquez saat berlaga pada MotoGP Catalunya 2023Dok. Gresini Racing Alex Marquez saat berlaga pada MotoGP Catalunya 2023

Sebab, sesuai juga dengan target dari tim satelit ini dibentuk, yakni sebagai jembatan untuk pebalapnya naik ke tim pabrikan. Diggia akhirnya menggantikan posisi Marini di VR46 Racing Team.

Selain itu, pebalap lain yang pindah tim adalah Johann Zarco. Pebalap asal Perancis ini rela meninggalkan Pramac Racing demi pindah ke LCR Honda.

Zarco mengaku sempat ditawari kontrak oleh Repsol Honda, tapi hanya satu musim. Dia lebih memilih bertahan di LCR Honda dengan kontrak dua tahun.

Ekspresi Marc Marquez usai mencoba Ducati Desmosedici GP23 untuk pertama kalinyaDok. MotoGP Ekspresi Marc Marquez usai mencoba Ducati Desmosedici GP23 untuk pertama kalinya

Zarco mengisi posisi yang ditinggalkan oleh Alex Rins yang pindah ke tim pabrikan Yamaha. Rins akan menjadi rekan setim dari Fabio Quartararo. Sedangkan Franco Morbidelli, mengisi tempat yang ditinggalkan oleh Zarco di Pramac Racing.

Terdapat satu pebalap baru alias rookie, yakni Pedro Acosta, yang bergabung dengan Gasgas Tech3. Acosta menggantikan Pol Espargaro yang kehilangan tempat di MotoGP. Namun, KTM menawari pekerjaan pada Pol sebagai pebalap tes.

Pedro Acosta mendapat hadiah sepeda motor Triumph Street Triple RS 765.Foto: GPOne Pedro Acosta mendapat hadiah sepeda motor Triumph Street Triple RS 765.

Hal baru lainnya di musim ini adalah kehadiran tim baru asal Amerika Serikat, yakni Trackhouse Racing. Tim satelit Aprilia ini menggantikan posisi RNF Racing yang pamit mundur dari MotoGP karena masalah finansial. Untuk pebalapnya, masih tetap mengandalkan Miguel Oliveira dan Raul Fernandez.

Selain itu, tim lain yang tidak berubah formasinya adalah tim pabrikan Ducati (Francesco Bagnaia dan Enea Bastianini), Aprilia (Aleix Espargaro dan Maverick Vinales), dan KTM (Brad Binder dan Jack Miller).

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com