Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Wuling Cloud EV Tertangkap Kamera Sedang Mengecas di SPKLU

Kompas.com - 02/01/2024, 07:22 WIB
Aprida Mega Nanda,
Agung Kurniawan

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Mobil listrik Wuling Cloud EV tertangkap kamera sedang terparkir di salah satu SPLKU yang berada di rest area.

Berdasarkan keterangan yang diterima Kompas.com, foto tersebut ditangkap oleh warganet di rest area Km 88 tol Cipularang arah Bandung, pada Jumat (29/12/2023).

“Foto diambil Jumat (29/12/2023), rest area Km 88 arah Bandung,” ucap pria yang enggan disebutkan namanya.

Baca juga: Arus Balik, One Way Tol Cipali Arah Jakarta Diberlakukan

Dalam gambar tersebut, terlihat mobil masih terselubung kamuflase. Meski hanya menampilkan bagian belakang mobil, namun cukup jelas desain bagian buritan Wuling Cloud EV yang sudah meluncur di global beberapa waktu lalu. Hal ini terlihat dari bentuk kaca belakang dengan spoiler atap yang cukup besar.

Rumors kehadiran Wuling Cloud EV sempat mencuat ke publik setelah pabrikan asal Tiongkok itu diketahui sudah mendaftarkan merek Cloud EV pada Pangkalan Data Direktorat Jenderal Kekayaan Intelektual Kemenkuham RI dengan nomor permohonan DID2023081672 yang diumumkan pada 25 September 2023.

Wuling Cloud EVCarnewschina Wuling Cloud EV

Tertulis nama dan alamat permohonan merek tersebut adalah SAIC GM Wuling Automobile Co., Ltd yang beralamat di Guangxi, China.

Pendaftaran merek atau paten memang tidak bisa dipastikan sebagai sinyal peluncuran produk, namun hal ini bisa jadi pintu masuk awal sebelum di pasarkan secara nasional.

Terkait rencana kehadiran Cloud EV, Brand & Marketing Director Wuling Motors Dian Asmahani mengatakan, pihaknya masih fokus dengan model-model yang sudah diperkenalkan di Indonesia.

Namun, jika bicara soal produk maka portofolio model-model Wuling terbilang beragam. Jajaran produknya diklaim cukup luas, dari mobil ICE, hybrid, sampai EV.

Baca juga: Kemendag Panggil Daihatsu Soal Skandal Uji Keselamatan, Ini Hasilnya

“Yang jelas, secara kapasitas produksi kita itu ada 120.000 setahun. Terus secara produk portofolio sudah banyak produk di headquarter. Artinya secara kapasitas bisa menghadirkan banyak produk di Indonesia. Tetapi produk apa dan kapan, mesti evaluasi dengan market dan industri otomotif di Indonesia,” ucap Dian, saat ditemui di Jakarta, belum lama ini.

Wuling Cloud EVCarnewschina Wuling Cloud EV

Berdasarkan spesifikasi di China, Wuling Cloud EV atau yang dikenal dengan Baojun Yunduo alias EQ100 memiliki dimensi panjang 4.295 mm, lebar 1.850 mm dan tinggi 1.652 mm.

Cloud EV merupakan MPV 5 seater dengan dua pilihan jarak tempuh, yakni sejauh 360 km dan 460 km, masing-masing disediakan oleh paket baterai lithium besi fosfat berkapasitas 37,9 kWh dan 50,6 kWh.

Bicara soal harga, Cloud EV dibanderol 95.800 Yuan atau sekitar Rp 207 juta sampai 123.800 yuan atau sekitar Rp 268 juta untuk trim tertinggi.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com