Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Apakah Perlu Ganti Oli Mesin Mobil Setelah Dipakai Liburan?

Kompas.com - 01/01/2024, 08:12 WIB
Erwin Setiawan,
Aditya Maulana

Tim Redaksi

KLATEN, KOMPAS.com - Perjalanan liburan Natal dan Tahun Baru 2024 menjadi momen yang tidak terlupakan bagi sebagian orang. Tak terkecuali mereka yang melakukan perjalanan liburan menggunakan mobil pribadi.

Mobilitas yang tinggi serta jarak tempuh yang panjang membuat waktu berkendara mobil menjadi lebih panjang daripada biasanya. Lantas, setelah itu apakah perlu dilakukan penggantian oli agar performa tetap prima?

Hardi Wibowo, Pemilik Aha Motor Yogyakarta mengatakan perjalanan selama liburan mungkin memang menyebabkan waktu penggantian oli mesin maju daripada biasanya.

Baca juga: Persiapan Liburan, Segini Batas Level Volume Oli Mesin Mobil

Servis mobil di bengkel resmi Nissan Setiabudi Semarang Servis mobil di bengkel resmi

“Katakanlah jarak tempuhnya menjadi lebih cepat bertambah, maka jika sudah mencapai kelipatan 5.000 Km maka penggantian oli mesin perlu dilakukan, jadi tidak harus menunggu 3 bulan,” ucap Hardi kepada Kompas.com, Senin (1/1/2024).

Hardi mengatakan saran penggantian oli yang diberikan kepada konsumen memang lebih dini daripada saran diler, mempertimbangkan kondisi jalan di kota serta temuan di lapangan.

“Jika kami perhatikan, mobil yang sudah menempuh jarak 5.000 Km sudah mengalami penurunan kualitas oli, itu sebabnya kami sarankan ganti, misal mobil sering kena macet juga bisa berpengaruh,” ucap Hardi.

Baca juga: Oli Mesin Mobil Wajib Rutin Ganti, Bukan Cuma Ditambah

Servis Daihatsu Ayla di bengkel resmi Astra Daihatsu Majapahit Semarang Astra Daihatsu Majapahit Semarang Servis Daihatsu Ayla di bengkel resmi Astra Daihatsu Majapahit Semarang

Head Product Improvement/EDER Dept Technical Service Division PT Astra Daihatsu Motor (ADM) Bambang Supriyadi mengatakan, ada pengecualian untuk mobil yang dikemudikan dengan kondisi berat.

“Gaya berkendara yang suka main Rpm tinggi, atau mobil yang memuat beban berat, mesin lama hidup seperti di kemacetan membutuhkan penggantian oli mesin dan pemeriksaan komponen lainnya lebih dini,” ucap Bambang kepada Kompas.com, belum lama ini.

Dia mengatakan selain kondisi gaya mengemudi, lingkungan juga bisa berpengaruh terhadap interval penggantian oli mesin.

Baca juga: Benarkah Makin Encer Oli Mesin Lebih Bagus?

Perawatan mobil di bengkel resmi Honda Gajah Mada Semarang Honda Gajah Mada Semarang Perawatan mobil di bengkel resmi Honda Gajah Mada Semarang

“Lingkungan yang berdebu juga perlu menjadi perhatian pengendara, sehingga periodikal servisnya bisa dilakukan lebih dini, jika memang diperlukan oli bisa diganti atau berpatokan pada panduan pengendaraan kondisi khusus,” ucap Bambang.

Jadi, sangat mungkin mobil Anda membutuhkan penggantian oli mesin setelah liburan ini. Anda bisa menghitungnya sendiri sesuai jarak tempuhnya atau bisa datang ke bengkel untuk melakukan konsultasi langsung.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com