Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Cara Aman Mencuci Motor Listrik Honda EM1 e:, Cukup Air Slang Saja

Kompas.com - 30/12/2023, 08:02 WIB
Dio Dananjaya,
Agung Kurniawan

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com – PT Astra Honda Motor (AHM) menyatakan bahwa motor listrik Honda EM1 e: versi Indonesia dibuat lebih tahan air dibandingkan model di negara lain.

Sarwono Edhie dari Technical Service Division (TSD) PT AHM, mengatakan, routing atau jalur kabel Honda EM1 e: dibuat lebih waterproof. Kemudian pada konektornya juga dibikin lebih tahan air.

Meskipun dibuat lebih tahan air, motor listrik Honda EM1 e: enggak disarankan untuk dicuci menggunakan air bertekanan tinggi. Lantas, bagaimana cara aman mencuci motor listrik Honda EM1 e:?

Baca juga: Video Kronologi Rem Skutik Blong Saat Lewat Turunan, Ini Solusinya

Alat cuci motor dan mobil di Jakarta Fair Kemayoran 2023KOMPAS.com/FATHAN RADITYASANI Alat cuci motor dan mobil di Jakarta Fair Kemayoran 2023

"Untuk mencuci Honda EM1 e: yang aman bisa pakai air biasa atau tidak bertekanan," ucap Edhie saat ditemui di Cikarang (21/12/2023).

"Bisa menggunakan air yang berasal dari slang yang terhubung ke keran air langsung," kata dia.

Edhie enggak menyarankan untuk menggunakan air bertekanan. Sebab, air dikhawatirkan bisa masuk ke dalam dan mengenai komponen kelistrikan Honda EM1 e:.

Baca juga: Buntut Skandal Keselamatan, Kerugian Daihatsu Ditaksir Tembus Rp 10,8 Triliun

"Soalnya tekanan air pada cuci steam itu bisa sampai 120 bar. (Tapi) kalau dikasih sabun enggak ada masalah," kata Edhie.

Usai membersihkan seluruh bagian motor listrik Honda EM1 e: menggunakan sabun, Anda bisa membilas kembali dengan air bersih tidak bertekanan, seperti dari slang atau siram pakai ember.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com