Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Kejadian Unik, Penumpang Pakai Payung di Kabin Bus Karena Bocor

Kompas.com - 26/12/2023, 08:42 WIB
Janlika Putri Indah Sari,
Agung Kurniawan

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Bepergian menggunakan transportasi bus acapkali mendapatkan beragam cerita dan juga pengalaman unik. Misalnya rombongan penumpang yang harus pakai payung di dalam bus lantaran plafon kabin mengucurkan air seperti hujan.

Beberapa penumpang juga dengan sengaja menyumpal tisu pada titik-titik plafon yang mengeluarkan air. Bahkan ada pula penumpang yang menampung air saat berjatuhan dengan kantung plastik.

Baca juga: Apa Benar Mobil FWD Lebih Mudah Melibas Tanjakan?

 
 
 
View this post on Instagram
 
 
 

A post shared by Ayo Naik Bis (dot) Com (@ayonaikbiscom)

  

Kejadian ini terekam pada video unggahan dari Instagram @ayonaikbiscom, hanya saja tidak disebutkan bus milik layanan perusahaan otobus (PO) mana. Kemudian tidak disebutkan pula bus tersebut merupakan bus AKAP atau pariwisata. 

Namun, dari cuplikan video tersebut memperlihatkan bila bus tetap melaju saat keadaan hujan di kabin. 

Kusririn selaku RnD Manager Karoseri Laksana mengatakan, ada kemungkinan fenomena ini disebabkan oleh umur bus yang sudah tidak muda.

"Kalau dilihat dari vidionya belum tentu bocor di sebabkan dari AC. Bisa jadi unitnya bocor di atapnya karena kemungkinan bus sudah berumur," kata pria yang akrab disapa Ririn tersebut kepada Kompas.com, Senin (25/ 12/2023). 

Baca juga: Libur Nataru 2023, Sudah 1,2 Juta Kendaraan Tinggalkan Jabodetabek

Ririn mengatakan, apabila unit dalam video tersebut merupakan layanan bus pariwisata yang sedang disewa oleh pelanggan atau bus AKAP, sebaiknya pelanggan segera melakukan komplain kepada pihak PO. Sebab, bila dilihat kejadian bocor seperti itu pastinya penangannya harus khusus.

"Cek bagian atap, biasanya di area breket dudukan antara bagian atap yang berinteraksi dengan unit AC terjadi keropos. Hal ini biasanya terjadi pada bus yang sudah berusia lama," kata Ririn.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com