Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Meresahkan, Pemotor Ketuk Kaca Mobil dan Minta Uang

Kompas.com - 22/12/2023, 17:12 WIB
Erwin Setiawan,
Aditya Maulana

Tim Redaksi

KLATEN, KOMPAS.com - Kembali beredar video meresahkan jelang libur Natal dan Tahun Baru 2023. Tampak pengendara motor meminta uang dengan cara mengetuk kaca mobil saat di lampu merah.

Kejadian tersebut menjadi viral kembali di media sosial. Diketahui kejadian tersebut berlokasi di Surabaya, Jawa Timur. Modus pelaku adalah himpitan ekonomi seperti untuk membayar uang sekolah atau istri melahirkan.

Namun dari sejumlah korban mengaku, ada gelagat aneh dengan orang tersebut karena setelah mendapatkan uang yang diminta langsung berlalu begitu saja. Tidak hanya sekali, pelaku akan berusaha mengetuk pintu mobil lainnya bila tidak mendapatkan uang.

Baca juga: Pengendara Motor Ketuk Kaca Mobil lalu Memaksa Minta Uang, Polisi: Kalau Tidak Kenal, Jangan Dibuka

 
 
 
View this post on Instagram
 
 
 

A post shared by SEKITAR SURABAYA (@sekitarsurabaya.id)

 

Terlihat juga pelaku menggunakan sepeda motor tanpa pelat nomor seakan memang suda merencanakan hal tersebut untuk mempersulit proses identifikasi. 

Akun Instagram @maya.dmf mengatakan pelaku beralasan butuh uang untuk membayar sekolah anaknya. Dia juga mengatakan sudah banyak korban dengan modus yang sama.

Menyikapi hal tersebut, selaku pengguna jalan kita harus tahu cara bersikap yang aman agar tidak sampai terjadi kerugian yang lebih besar.

Baca juga: Hitung Biaya Perjalanan Jakarta-Surabaya Pakai Honda BR-V

Pemotor ketuk kaca mobil dan minta sejumlah uang, sebaiknya kita tidak membuka kacaTangkapan layar Pemotor ketuk kaca mobil dan minta sejumlah uang, sebaiknya kita tidak membuka kaca

Sony Susmana, Training Director Safety Defensive Consultant Indonesia (SDCI), mengatakan, cara meminta uang seperti itu tidak dibenarkan dengan alasan apa pun. Sebab, perilaku tersebut melanggar aturan dan etika.

Bagi para pengemudi wanita, Sony menyarankan, sebaiknya tidak merespons permintaan pelaku dengan mengabaikannya.

"Jangan buka kaca, karena kita tidak pernah tahu itu kejahatan atau bukan. Membuka kaca bisa berarti membuka celah petaka," ujar Sony, saat dihubungi Kompas.com, belum lama ini.

Baca juga: Hindari Macet Liburan Nataru, Pantau Lalu Lintas Lewat CCTV Online

Sony menambahkan, saat berhenti di lampu merah, sebaiknya jaga jarak dengan kendaraan lain. Menurutnya, jarak ini dibutuhkan ketika berada dalam kondisi yang mengharuskan kita untuk melarikan diri.

"Selalu waspada, mata selalu bergerak ke sekeliling kendaraan dan bersiap-siap mengambil langkah penyelamatan. Butuh ketenangan dalam mengontrol emosi agar tindakannya tepat," kata Sony.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com