Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Hindari Macet Liburan Nataru, Pantau Lalu Lintas Lewat CCTV Online

Kompas.com - 22/12/2023, 10:02 WIB
Aprida Mega Nanda,
Agung Kurniawan

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Akses informasi terkait info lalu lintas kini mudah didapatkan, salah satunya dengan memantau CCTV secara online. Dengan begitu, para pelancong yang ingin melakukan perjalanan liburan Natal 2023 dan Tahun Baru 2024 bisa merencanakan perjalanan agar tidak terjebak kemacetan lalu lintas.

Untuk memantau kemacetan lalu lintas, pelancong bisa memanfaatkan website dengan layanan live streaming dari tangkapan kamera CCTV yang terpasang di sejumlah titik atau rute.

Dengan layanan tersebut, pelancong dapat melihat kondisi lalu lintas terkini secara online lewat layar ponsel. Setelah mengetahui kondisi terkini, nantinya dapat menentukan rute lain yang mungkin lebih lancar.

Baca juga: PO Garuda Rilis 2 Unit Bus Baru Pakai Jetbus 5

Berikut CCTV yang bisa diakses secara online untuk memantau kemacetan lalu lintas:

Tangkapan layar laman Road Transport and Traffic Management Center (RTTMC) dari Kemenhub yang menampilkan CCTV dari sejumlah lokasi.rttmc.dephub.go.id Tangkapan layar laman Road Transport and Traffic Management Center (RTTMC) dari Kemenhub yang menampilkan CCTV dari sejumlah lokasi.

1. Link live streaming CCTV Road Transport and Traffic Management Center (RTTMC).

Situs RTTMC dari Kementerian Perhubungan (Kemenhub) memiliki layanan live streaming kondisi lalu lintas, yang bersumber dari kamera CCTV pada beberapa ruas jalan.

Tidak semua ruas jalan di Indonesia bisa dipantau lewat live streaming CCTV di website RTTMC Kemenhub.

Terdapat lebih dari 30 CCTV yang terpasang di titik rawan kemacetan, seperti pada jalur Nagreg, Kabupaten Bandung, Jawa Barat.

Pelancong bisa kunjungi link streaming CCTV pada situs http://rttmc.dephup.go.id/rttmc/livecctv, lewat browser di ponsel.Setelah situs terbuka, pilih tayangan langsung CCTV jalan pada lokasi tertentu.

Setelah itu, situs bakal menampilkan tayangan kondisi lalu lintas secara real time ke ponsel. Sebelum mengakses layanan ini, pastikan dulu ponsel terhubung dengan koneksi internet yang memadai.

Ilustrasi tayangan CCTV di website Lewatmana.comLewatmana.com Ilustrasi tayangan CCTV di website Lewatmana.com

2. Link live streaming CCTV Lewatmana.com

Layanan live streaming CCTV lainnya untuk memantau kondisi lalu lintas juga bisa diakses lewat website Lewatmana.com.

Website yang dikelola oleh pihak swasta ini memiliki beberapa CCTV yang terpasang pada ruas jalan di wilayah DKI Jakarta, Bandung, Depok, dan Surabaya.

Namun, untuk saat ini, tampaknya layanan live streaming CCTV dari Lewatmana.com hanya dapat menyajikan kondisi lalu lintas di wilayah DKI Jakarta.

Sementara itu, pada tiga wilayah lainnya, tertulis bahwa layanan live streaming sedang offline. Untuk bisa mulai cek kemacetan lalu lintas, kunjungi link live streaming CCTV berikut https://lewatmana.com/, menggunakan browser di ponsel.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com