Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Hari Bebas Kendaraan di Jakarta Berlaku Saat Natal dan Malam Tahun Baru

Kompas.com - 19/12/2023, 18:41 WIB
Ruly Kurniawan,
Aditya Maulana

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Pemerintah Provinsi (Pemprov) DKI Jakarta akan menerapkan hari bebas kendaraan bermotor (HBKB) pada malam tahun baru atau car free night di kawasan Sudirman-Thamrin.

Dikatakan Kepala Dinas Perhubungan (Kadishub) DKI Jakarta Syafrin Liputo, giat itu akan dilaksanakan mulai pukul 19.00 WIB. Sehingga diharapkan pengguna jalan di sekitar kawasan kembali mengatur perjalanannya kembali.

"Tanggal 31 nanti akan dilaksanakan car free night di Sudirman - Thamrin mulai pukul 19.00 WIB," kata dia dalam keterangannya, Selasa (19/12/2023).

Baca juga: Polisi Imbau Jangan Pasang Stiker Aparat di Pelat Nomor Kendaraan

Petugas kepolisian melakukan patroli saat diberlakukannya Car Free Night (malam bebas kendaraan) dan Crowd Free Night (malam bebas keramaian) pada malam pergantian tahun di kawasan Jalan Sudirman, Jakarta, Kamis (31/12/2020). Polda Metro Jaya melakukan Car Free Night dan Crowd Free Night dengan menutup sepanjang Jalan Sudirman-MH Thamrin, Jakarta pada malam pergantian tahun untuk mencegah kerumunan warga.ANTARA FOTO/GALIH PRADIPTA Petugas kepolisian melakukan patroli saat diberlakukannya Car Free Night (malam bebas kendaraan) dan Crowd Free Night (malam bebas keramaian) pada malam pergantian tahun di kawasan Jalan Sudirman, Jakarta, Kamis (31/12/2020). Polda Metro Jaya melakukan Car Free Night dan Crowd Free Night dengan menutup sepanjang Jalan Sudirman-MH Thamrin, Jakarta pada malam pergantian tahun untuk mencegah kerumunan warga.

Kebijakan car free night juga diberlakukan pada Minggu malam (24/11/2023) atau saat malam Natal, sedangkan pada pagi harinya CFD tetap diberlakukan di wilayah Sudirman-Thamrin.

"Jadi pada Minggu tanggal 24 Desember 2023 ada car free day pada pagi hari dan car free night pada malam hari," kata Syafrin.

Dinas Kesehatan (Dinkes) DKI Jakarta mengingatkan untuk warga yang hendak meramaikan malam pergantian tahun, mengenai pentingnya memakai masker dan mencuci tangan terutama bagi kelompok rentan.

"Masyarakat yang ingin berlibur terutama kelompok rentan penting memakai masker dan menyiapkan hand sanitizer (pembersih tangan) karena bisa mencegah dari penyakit menular pernapasan, pencernaan, dan juga polusi udara," kata Kepala Seksi Surveilans, Epidemiologi dan Imunisasi Dinas Kesehatan (Dinkes) DKI Jakarta Ngabila Salama.

Sementara itu, dalam sisi keamanan Polda Metro Jaya telah menyiapkan sebanyak 4.041 personel gabungan untuk pengamanan perayaan Natal dan Tahun Baru 2024 mengantisipasi segala ancaman yang mungkin terjadi.

 

Baca juga: Ini 6 Teknologi Baru pada Mobil yang Tren Sepanjang 2023

Jalan MH Thamrin, Jakarta Pusat, mulai ditutup untuk acara car free night malam pergantian tahun, Senin (31/12/2018).KOMPAS.com/Ardito Ramadhan D Jalan MH Thamrin, Jakarta Pusat, mulai ditutup untuk acara car free night malam pergantian tahun, Senin (31/12/2018).

"Aparat gabungan terdiri atas Kepolisian, TNI, dan pemerintah daerah, dan unsur-unsur lain yang berkompeten," kata Kapolda Metro Jaya Irjen Pol Karyoto di Balai Polda Metro Jaya, Senin.

Karyoto menjelaskan pihaknya bersama TNI dan pemangku kepentingan lainnya telah menyelenggarakan rapat koordinasi perihal ancaman-ancaman yang mungkin terjadi sekaligus cara penanganan di lapangan.

Dia juga memfokuskan pengamanan beberapa tempat wisata dan rumah ibadah bahkan untuk rumah ibadah akan dilaksanakan sterilisasi terlebih dahulu sebelum digunakan.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com