Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Profil Brigjen Aan Suhanan, Kakorlantas Baru Pengganti Irjen Firman Santyabudi

Kompas.com - 08/12/2023, 09:15 WIB
Donny Dwisatryo Priyantoro,
Aditya Maulana

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Irjen Pol Firman Santyabudi akan menyerahkan jabatan Kakorlantas Polri kepada Brigjen Pol Aan Suhanan. Sebelumnya, Aan menjabat sebagai Direktur Penegakan Hukum (Dirgakkum) Korlantas Polri.

Pria kelahiran 31 Januari 1967 ini menyelesaikan pendidikan kepolisian di Akademi Kepolisian (Akpol) pada tahun 1988. Setelah itu, dia menamatkan pendidikannya pada Perguruan Tinggi Ilmu Kepolisian (PTIK) pada 1997.

Pendidikannya tidak berhenti sampai di situ. Aan melanjutkan studi di Sekolah Staf dan Pimpinan Lembaga Pendidikan dan Pelatihan Polisi Republik Indonesia pada 2007. Lalu, pada 2014 masuk dalam Lembaga Ketahanan Nasional (Lemhannas).

Baca juga: Rekam Jejak Sinergi Kakorlantas Irjen Firman Shantyabudi dan Jasa Raharja

Selain itu, Aan juga mengikuti pendidikan pengembangan dan pelatihan, seperti Pendidikan Kejuruan (Dikjur) LAN PA IDIK Kecelakaan Lalu Lintas, Dikjur DAS PA Brimob Mahasiswa PTIK, dan Pembentukan Auditor Ahli.

Dirgakkum Korlantas Polri Brigjen Aan SuhananNTMC Polri Dirgakkum Korlantas Polri Brigjen Aan Suhanan

Dikutip dari Korlantas.polri.go.id, Jumat (8/12/2023), perjalanan kariernya di kepolisian cukup panjang. Aan memulainya dari Perwira Pertama (Pama) Polresta Surakarta pada 1989. Kemudian, diangkat menjadi Kapolsek Sukaraja Res Banyumas pada 1991.

Pada 1992, Aan pernah menjabat sebagai Kasatlantas Polres Banjarnegara. Jabatan tinggi lainnya juga sempat dipegangnya, mulai Kasatlantas Polresta Pontianak pada 2001, Wakapolres Metro Tangerang Kota pada 2004, Kapolres Pekalongan pada 2007, Kapolres Sukoharjo pada 2008, dan Wakapolres Metro Jakarta Barat Polda Metro Jaya pada 2009.

Baca juga: Irjen Firman Shantyabudi Pensiun, Aan Suhanan Ditunjuk sebagai PLH Kakorlantas

Dirgakkum Korlantas Polri Brigjen Pol. Aan Suhanan meninjau GT Kalikangkung, Kota Semarang pada Jumat (29/4/2022) malam.KOMPAS.com/RISKA FARASONALIA Dirgakkum Korlantas Polri Brigjen Pol. Aan Suhanan meninjau GT Kalikangkung, Kota Semarang pada Jumat (29/4/2022) malam.

Aan juga pernah menjabat sebagai Wakapolda Banten pada 2016, Kasubdit STNK Ditregident Korlantas Polri pada 2017, dan pada 2021 menjabat sebagai Dirgakkum Korlantas Polri.

Dengan panjangnya perjalanan karier Aan di kepolisian, berbagai tanda kehormatan juga sudah diterimanya, seperti Satyalancana Dwidya Sistha pada 1994, Satyalancana Pengabdian 8 Tahun pada 1997, Stayalancana Seroja pada 1998, dan Bintang Bhayangkara Narariya pada 2014.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com