Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Jelang KTT G20, Kakorlantas Cek Kesiapan Kendaraan Listrik

Kompas.com - 27/10/2022, 06:22 WIB
Aprida Mega Nanda,
Agung Kurniawan

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Konferensi Tingkat Tinggi atau KTT G20 akan segera berlangsung di Bali, tepatnya pada 15-16 November 2022.

Jelang perhelatan tersebut, Kakorlantas Polri Irjen Pol Firman Shantyabudi mengecek kesiapan kendaraan listrik untuk pengamanan lalu lintas. Firman mengatakan, pengecekan dilakukan untuk kendaraan roda dua dan empat.

“Jadi kita cek hari ini kendaraan-kendaraan yang juga memang baru datang, pengadaan-pengadaan baru, baik roda dua maupun roda empatnya,” kata Firman, dikutip dari NTMC Polri, Rabu (26/10/2022).

Baca juga: 4 Langkah Rawat Vespa Matik di Musim Hujan

Lebih lanjut, Firman menyebut pihaknya mengecek sekaligus melepas 82 kendaraan dinas roda empat energi listrik dan 120 unit kendaraan roda empat energi fosil yang terdiri atas 80 unit dari Korlantas Polri dan 40 unit dari Polda Bali untuk pengamanan KTT G20.

Selain itu, Firman juga melepas 92 kendaraan roda dua energi listrik dan 120 unit kendaraan roda dua energi fosil yang terdiri atas 80 unit dari Korlantas Polri dan 40 unit dari Polda Bali.

Kendaraan kepolisian untuk pengawalan KTT G20Youtube NTMC Polri Kendaraan kepolisian untuk pengawalan KTT G20

Dalam kesempatan yang sama, satu unit Komunikasi Mobil (Komob) energi fosil juga dilepas ke Bali sebagai alat komunikasi ke masyarakat di lapangan untuk event G20.

“Termasuk persiapan perorangan yang mesti kita siapkan karena kita nanti akan ada latihan-latihan gabungan. Oleh karena itu, kita perlu adaptasi, perlu orientasi, perlu persiapan seluruh personel yang kita berangkatkan ke Bali,” ucapnya.

Di samping pelepasan dan pengecekan kendaraan, Firman meminta seluruh jajaran bersikap humanis dan pengertian selama kegiatan KTT G20.

“Masyarakat Bali kita ajak sebagai tuan rumah, ada saling pengertian,” ujarnya.

Ia juga berharap, semua personel yang diterjunkan untuk perhelatan KTT G20 dapat menjaga kesehatan masing-masing, serta pentingnya mengonsumsi vitamin dalam menghadapi cuaca ekstrem.

Baca juga: Mercedes Benz Trucks Rancang Kendaraan Listrik buat Sektor Konstruksi

“Selain sehat, tentunya perilaku kita selama berada di jalan selama bergabung dengan Satgas yang lain. Kemudian selama mengawal pengawalan-pengawalan yang ditugaskan khusus kepada mereka, ini semua harus siap. Administrasi, perorangan, dan koordinasi dengan seluruh jajaran,” kata dia.

Sebagai informasi, dalam KTT G20 sebanyak 1.759 personel gabungan diterjunkan untuk pengamanan yang terdiri dari Korlantas Polri, Polda Bali, Polda Jateng, Polda Banten, Polda Jatim, Polda DIY, Polda Jabar, Polda Kalsel, Polda Kalteng, Polda Kaltim, Polda Sulsel, dan Polda Sultra.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com