Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Bastianini Yakin Bisa Bersaing dengan Bagnaia jika Tidak Cedera

Kompas.com - 07/12/2023, 08:42 WIB
Donny Dwisatryo Priyantoro,
Agung Kurniawan

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Enea Bastianini tidak bisa tampil maksimal di sepanjang MotoGP 2023, karena cedera sejak awal seri. Tanpa cedera tersebut, Bastianini yakin bisa menyaingi Francesco Bagnaia meraih gelar juara dunia.

Bastianini tampil mengesankan saat bersama Gresini Racing di musim lalu. Dia mendapat apresiasi dari Ducati dengan menjadi rekan setim Bagnaia.

Baca juga: Jorge Martin Gagal Juara Dunia, Posisi Enea Bastianini Masih Terancam?

Sebelum MotoGP 2023 dimulai, Bastianini digadang-gadang bakal menjadi rival yang sulit bagi Bagnaia. Namun, yang ditakutkan tidak sampai terjadi, karena Bastianini mengalami cedera pada awal seri.

Pebalap pabrikan Ducati, Enea Bastianini, terbaring usai mengalami kecelakaan di Sprint Race MotoGP Portimao, Portugal, pada Sabtu (25/3/2023). Terbaru, Bastianini memutuskan absen dari MotoGP Spanyol setelah ikut free practise.INSTAGRAM/Enea Bastianini Pebalap pabrikan Ducati, Enea Bastianini, terbaring usai mengalami kecelakaan di Sprint Race MotoGP Portimao, Portugal, pada Sabtu (25/3/2023). Terbaru, Bastianini memutuskan absen dari MotoGP Spanyol setelah ikut free practise.

Dia mengalami cedera bahu yang parah saat balapan pada MotoGP Portugal 2023 di Sirkuit Portimao. Akhirnya, dia membutuhkan waktu yang cukup lama untuk bisa sembuh total dan kembali ke kondisi yang prima.

"Ada dua momen kritis. Pemulihan dari cedera bahu membuat saya sangat khawatir. Saya tidak bisa mendapatkan kembali kekuatan saya, lengan saya terkadang kesemutan di atas motor dan itu tidak pernah terjadi pada saya," ujar Bastianini, dikutip dari Crash.net, Rabu (6/12/2023).

Baca juga: Enea Bastianini Tertarik Bergabung dengan KTM

"Sejak di Barcelona segalanya membaik, tetapi saya kambuh lagi. Saya duduk di kursi roda selama 20 hari, saya sangat marah, saya tidak ingin berbicara dengan siapa pun, saya tidak ingin melakukan apa pun," kata Bastianini.

Enea Bastianini saat berlaga pada MotoGP Mandalika 2023. Terkini, Bastianini tampil sebagai pemenang balapan MotoGP Malaysia 2023 yang dilangsungkan di Sirkuit Sepang, Malaysia, pada Minggu (12/11/2023) siang WIB.Dok. Ducati Enea Bastianini saat berlaga pada MotoGP Mandalika 2023. Terkini, Bastianini tampil sebagai pemenang balapan MotoGP Malaysia 2023 yang dilangsungkan di Sirkuit Sepang, Malaysia, pada Minggu (12/11/2023) siang WIB.

Bastianini mengatakan, dia sempat mencapai titik terendah dalam karier balapnya. Tapi, dari sana semuanya menjadi lebih mudah dan menyenangkan untuk menjadi dirinya sendiri lagi.

Belum selesai dengan cederanya, Bastianini kembali diterpa kabar tidak menyenangkan. Beredar kabar dirinya bisa saja digantikan oleh Jorge Martin di musim depan.

Enea Bastianini dengan tim pabrikan DucatiDok. @bestia23 Enea Bastianini dengan tim pabrikan Ducati

"Saya harus mengakui bahwa dari semua hal, ini adalah hal yang paling membuat saya menderita. Saya tidak pernah meragukan kemampuan saya, jika saya dalam kondisi yang baik dan menikmati diri saya sendiri," ujarnya.

"Jorge menjalani kejuaraan yang luar biasa, tapi saya percaya bahwa tanpa cedera saya juga bisa bertarung untuk gelar juara. Saya akan mencobanya lagi tahun depan," kata Bastianini.

Enea Bastianini saat berlaga pada MotoGP Mandalika 2023Dok. Ducati Enea Bastianini saat berlaga pada MotoGP Mandalika 2023

Bastianini baru bisa kembali tampil kompetitif pada MotoGP Malaysia 2023 di Sirkuit Sepang. Dia finis keempat pada sprint race dan menang pada balapan utama.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com