Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Mulai 2030, Semua Mobil Volvo Bertenaga Listrik

Kompas.com - 01/12/2023, 13:41 WIB
Aprida Mega Nanda,
Azwar Ferdian

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Volvo Cars Indonesia resmi kembali ke Tanah Air pada Agustus 2023.

Pabrikan otomotif asal Swedia ini fokus menawarkan mobil premium yang ramah lingkungan, dengan emisi yang lebih rendah, kinerja lebih tinggi, dan efisiensi lebih besar.

Haryanto Djayaputra, GM Operations Volvo Cars Indonesia, mengatakan, pada tahun 2030 nantinya semua kendaraan Volvo yang ada di Indonesia akan berbasis listrik.

Baca juga: Kendala DAMRI Mengoperasikan Angkutan Perintis di Indonesia

“Jadi nanti 2025 ke atas direction dari Volvo hanya menjual Plug-in Hybrid Electric Vehicle (PHEV) dan Electric Vehicle (EV), setelah itu mulai 2030 full EV. Ini sejalan dengan pemerintah kita untuk beralih ke kendaraan listrik,” ucap pria yang akrab disapa Toto saat ditemui di Jakarta Pusat, Jumat (1/12/2023).

Volvo Cars Indonesia memperkenalkan C40 Pure Electric di GIIAS 2023Kompas.com/Fathan Volvo Cars Indonesia memperkenalkan C40 Pure Electric di GIIAS 2023

Toto melanjutkan, nantinya semua kendaraan konvensional, baik itu bensin maupun diesel, pada 2030 sudah tidak ada lagi, termasuk lini produk PHEV.

“ICE, diesel itu sudah tidak ada, termasuk PHEV juga nanti sudah habis. Jadi 2030 ke depan jadi full EV,” kata Toto.

Menurut dia, untuk percepatan menuju kendaraan full listrik pada 2030, diperlukan kerja sama antara pabrikan otomotif dan pemerintah. Salah satunya adalah dengan menyediakan charging station di berbagai daerah.

Baca juga: Ada Dua Motif Bahan Fabric Favorit Buat Mobil Retro

“Makin banyak charging station di kota-kota lain, peralihan itu bisa cepat, jadi tergantung juga dari pemerintah,” kata Toto.

Sebagai informasi, saat ini Volvo memiliki empat lini produk kendaraan yang dijual di Indonesia, yakni XC40 EV, XC90 PHEV, XC60 PHEV, dan XC40PHEV.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com