Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Kenali Dua Masalah Umum pada Radiator Mobil

Kompas.com - 01/12/2023, 10:22 WIB
Gilang Satria,
Agung Kurniawan

Tim Redaksi


JAKARTA, KOMPAS.com - Radiator berfungsi untuk melepaskan suhu mesin mobil, karena itu radiator punya peran cukup vital di kendaraan karena menstabilkan dan mencegah terjadinya panas berlebih atau overheat.

Jajang Setiawan, punggawa bengkel servis dinamo dan radiator, Anugrah Putra Tasik, di Cinere, Depok, mengatakan, masalah pada radiator mayoritas ada dua pertama yaitu radiator mampet dan kedua bocor.

Baca juga: Video Pengendara Motor Lepas Kendali di Belokan, Tabrak Motor Lain

Salah satu komponen yang cukup krusial di mobil ialah dinamo starter atau motor stater. Dinamo stater berfungsi sebagai pemutar atau penggerak mesin kendaraan saat awal mesin dihidupkan.
KOMPAS.com/Gilang Salah satu komponen yang cukup krusial di mobil ialah dinamo starter atau motor stater. Dinamo stater berfungsi sebagai pemutar atau penggerak mesin kendaraan saat awal mesin dihidupkan.

"Kalau radiator itu mampet dan panas jadinya overheat. Ada juga kendala bocor, banyak faktor," ujar Ujang, panggilannya, yang ditemui Kompas.com, di Cinere, Depok, belum lama ini.

Radiator mampet yang dimaksud adalah air radiator tidak berfungsi dengan baik. Penyebabnya berbagai macam, yaitu waterpump bermasalah karena kipas waterpump berkarat atau pecah dan kedua penggunaan air radiator yang tidak sesuai.

Sedangkan penyebab radiator bocor mayoritas karena kipas di radiator mati. Ciri radiator bocor yaitu terdapat tetesan air di bawah bumper depan atau bagian bawah mesin.

Baca juga: Bagnaia Puas dengan Hasil Tes Ducati Desmosedici GP24 di Valencia

Radiator mobil.Aditya Maulana, KompasOtomotif Radiator mobil.

"Bisa jadi kekurangan air bisa juga dari kipas pendingin tidak jalan. Kipas radioator masuk dinamo juga," ujar Ujang.

Ujang mengatakan biaya servis radiator tergantung tingkat kerusakannnya.

"Jasa perbaikan Rp 350.000. Untuk servis radiator tergantung dari sarang tawonnya. Ada yang bisa disolder ada yang tidak. Kalau dana konsumennya cekak minimal diakali pakai lem. Tapi kalau yang bisa disolder saya solder," katanya.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com