Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Jadi Pemimpin Pasar, Hino Dukung Industri Transportasi dan Pariwisata

Kompas.com - 01/12/2023, 13:31 WIB
Stanly Ravel

Editor

JAKARTA, KOMPAS.com - PT Hino Motors Sales Indonesia (HMSI) memperkuat posisinya sebagai market leader di segmen bus untuk pasar Tanah Air.

Selain menguasai lebih dari 60 persen market share, selama periode Oktober-November 2023, banyak Perusahaan Otobus (PO) yang meluncurkan produk baru menggunakan sasis bus Hino.

Untuk sasis yang digunakan dari AK240, RK280, dan RM 280 yang merupakan line up terbaru di era Euro IV dengan sasis space frame dan telah dilengkapi air suspension.

Santiko Wardoyo, Chief Operating Officer (COO) - Director HMSI mengatakan, cukup senang melihat banyaknya PO bus memilih menggunakan sasis Hino, terutama untuk RM 280.

Baca juga: PO Halmahera Rilis 4 Unit Bus Baru Pakai Sasis Scania

"Hal ini menunjukkan bahwa Hino terus dipercaya oleh pelanggan kami untuk memberikan produk dan layanan terbaik sebagai armada terbaru untuk menopang transportasi masyarakat," kata Santiko dalam keterangan resminya, Jumat (1/12/2023).

Sasis Bus HinoHMSI Sasis Bus Hino

Seperti diketahui, belum lama ini banyak PO asal Pulau Jawa, Sumatera, dan Sulawesi memperkenalkan jajaran unit terbaru yang menggunakan sasis Hino. Dari PO 27 Trans, PO Akas Mila, PO Arimbi, PO Bagong Grup, PO Dali Prima, PO Efisiensi, PO Eka, PO Garuda, PO Gunung Harta, PO Harapan Jaya, PO Haryanto, PO Jaya Utama, PO Juragan 99, PO KYM, PO Prima Jasa, PO Ramayana, PO Sinar Jaya, PO Subur Jaya, PO Tami Jaya, dan PO Tunggal Jaya.

Untuk perusahaan bus asal Sulawesi, ada PO Adhi Putra dan tidak ketinggalan perusahaan bus asal Pulau Sumatera yang banyak melayani rute Trans Sumatera hingga ke Pulau Jawa ada PO Transport Express di Sumatera Barat, PO Ranau Indah asal Sumatera Selatan, PO Putra Simas dari Bengkulu, dan PO Vido Trans Nusa, Lampung.

Baca juga: DAMRI Punya Angkutan Perintis Jadi Bus Amfibi

Hino RM 280 sendiri diklaim memiliki berbagai keunggulan, seperti mesin J08E-WD 6 silinder dengan teknologi common rail yang mampu memproduksi tenaga 285 Ps atau 280,9 Tk dan torsi 85 kgm, yang disandingkan transmisi MX07 7 percepatan dengan kombinasi rasio gigi lebih optimal untuk performa kecepatan tinggi dan efisiensi bahan bakar.

Dilengkapi wide air suspension, RM 280 juga digadang-gadang mampu memberikan kenyamanan berkendara yang optimal. Sasis space frame mudah diaplikasikan untuk beragam model bodi seperti, bagasi bus yang bisa dibuat tembus dari kanan ke kiri, sehingga daya angkut lebih banyak. Sedangkan untuk keselamatan, didukung pengendareman ABS.

Hino RM 280 ABSHMSI Hino RM 280 ABS

"Dari data Gaikindo Januari–Oktober 2023, Hino Bus menguasai 64 persen market share pasar Bus di Indonesia. Kami mengucapkan terima kasih kepada seluruh konsumen yang telah memberikan kepercayaan kepada Hino menjadi mitra bagi industri transportasi antar kota antar propinsi maupun pariwisata di Indonesia," ucapnya.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com