Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Polisi Siapkan Operasi Lilin Selama Libur Nataru

Kompas.com - 01/12/2023, 08:22 WIB
Dio Dananjaya,
Agung Kurniawan

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com – Menjelang libur Natal 2023 dan tahun baru 2024 (Nataru), lalu lintas kendaraan diprediksi mengalami peningkatan karena banyak masyarakat yang melakukan aktivitas liburan maupun keagamaan.

Polri telah menyusun rencana untuk melakukan Operasi Lilin dalam rangka mengamankan momen Natal 2023 dan tahun baru (Nataru) 2024.

“Polri menggelar Operasi Lilin selama 12 hari, mulai 22 Desember 2023 hingga 2 Januari 2024,” ujar Karo Binopsnal Baharkam Polri Brigjen Pol Makhruzi Rahman, dilansir dari NTMC Polri (30/11/2023).

Baca juga: Komentar Honda Lihat Debut Marquez bersama Ducati

Ilustrasi lalu lintas kendaraan di Gerbang Tol Cikampek Utama mulai mengalami peningkatan jelang libur Nataru 2022.Dok. Jasa Marga Ilustrasi lalu lintas kendaraan di Gerbang Tol Cikampek Utama mulai mengalami peningkatan jelang libur Nataru 2022.

“Untuk mengamankan perayaan Natal 2023 dan tahun baru 2024 sekaligus masa kampanye Pilpres dan Pileg,” kata dia.

Makhruzi mengatakan, dalam Operasi Lilin, Polri akan menyiapkan 101.092 personel dari Mabes Polri dan Polda dengan tugas menjaga kerawanan saat perayaan Natal 2023 dan tahun baru 2024.

Adapun potensi ancaman dalam perayaan Natal 2023 dan tahun baru 2024 di antaranya adalah penolakan dan pembubaran kegiatan keagamaan, serta teror dan serangan bom kelompok teroris.

Baca juga: Gabung ke Gresini Racing, Marc Marquez Bikin Bos Ducati Pusing

Kemudian kejahatan konvensional, kemacetan, kecelakaan lalu lintas, dan kecelakaan laut akibat meningkatnya mobilitas masyarakat.

“Polri sudah melakukan antisipasi dengan Operasi Mantap Brata, di samping melakukan koordinasi dengan para stakeholder, seperti Kemenhub, BMKG, Kementerian PUPR, dan sebagainya,” ucap Makhruzi.

Ia menambahkan, Operasi Lilin ini mengedepankan kegiatan pencegahan didukung deteksi dini dan pencegahan hukum dalam rangka pengamanan Natal 2023 dan tahun baru 2024.

Baca juga: Lewati Rute Kombinasi, Berapa Rata-rata Konsumsi BBM Terios Facelift?

Suasana Terminal Kalideres, Jakarta Barat, terpantau belum adanya lonjakan penumpang bus AKAP menjelang libur Natal dan tahun baru 2022, Selasa (6/12/2022).kompas.com/REZA AGUSTIAN Suasana Terminal Kalideres, Jakarta Barat, terpantau belum adanya lonjakan penumpang bus AKAP menjelang libur Natal dan tahun baru 2022, Selasa (6/12/2022).

“Kita ingin masyarakat merayakan dan Natal dan tahun baru dengan aman, nyaman, dan selamat,” kata Makhruzi.

Menurut dia, situasi keamanan dan ketertiban masyarakat (kamtibmas) saat ini mengalami peningkatan secara kuantitas dan kualitas.

Terutama seiring dengan perhelatan pesta demokrasi kampanye Pemilu 2024 yang beririsan dengan perayaan Natal 2023 dan tahun baru 2024.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com