Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Alasan New Mazda2 Hatchback Meluncur Akhir Tahun

Kompas.com - 30/11/2023, 13:49 WIB
Janlika Putri Indah Sari,
Azwar Ferdian

Tim Redaksi


JAKARTA, KOMPAS.com – PT Eurokars Motor Indonesia (PT EMI) selaku Agen Tunggal Pemegang Merek (ATPM) dan distributor kendaraan Mazda di Indonesia resmi memperkenalkan New Mazda2 Hatchback facelift kepada pasar otomotif Nasional.

Managing Director PT Eurokars Motor Indonesia, Ricky Thio mengatakan, alasan New Mazda2 Hatchback baru meluncurkan versi facelift pada akhir 2023 lantaran Mazda 2 sudah lama tidak melakukan penyegaran.

“Memang tren untuk hatchback itu secara overall agak menurun di market Indonesia dan kita tahu Mazda2 ini cukup lama (belum dapat penyegaran) di Indonesia, maka dari itu pembaharuan ini bukan hanya di Indonesia tetapi juga berlaku global,” kata Ricky di sela-sela acara Mazda Power Drive 2023, Rabu (29/11/2023).

Baca juga: Merasakan Sensasi Berkendara Harian dengan Hyundai Stargazer X

New Mazda2 Hatchback hadir di Indonesia sejak tahun 2009 sebagai generasi ketiga dari Mazda2 Hatchback.

Sejak peluncuran pertama kali, mobil ini terus mengalami perubahan, khususnya pada kehadiran Mazda2 Hatchback 4 th generation yang hadir di Indonesia pada tahun 2014. Sementara itu, pada 2022 hanya melakukan penambahan wireless charger dan wireless Apple CarPlay.

New Mazda2 Hatchback KOMPAS.com/ JANLIKA PUTRI New Mazda2 Hatchback

Baca juga: Usai Jajal Ducati, Marc Marquez Langsung Operasi Arm Pump


Sementara itu, berdasarkan data yang diolah dari Gabungan Industri Kendaraan Bermotor Indonesia (Gaikindo) 2023 secara wholesales, total penjualan mobil sedan Januari – Oktober 2023 8.239 unit.

Jika dibanding dengan data penjualan 2022 dengan periode yang sama, total penjualan mobil sedan secara Nasional yaitu 6.500 unit.

“Jadi bukan karena figur jualan di Indonesia begini kemudian kita langsung luncurkan model barunya, itu tidak. Ini sesuai dengan arahan prinsipal global, tapi gayung bersambut dan mobilnya sendiri sudah cukup lama dari generasi kedua sekitar 8-9 tahunan umurnya jadi sudah butuh penyegaran,” kata Ricky.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com