Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Beli Avanza Reborn Bekas, Baiknya Pilih Matik atau Manual?

Kompas.com - 25/11/2023, 16:02 WIB
Daafa Alhaqqy Muhammad,
Aditya Maulana

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Toyota Avanza Generasi kedua alias Avanza Reborn sedang naik daun di bursa mobil bekas. Popularitasnya menanjak, setelah aksinya melibas Tanjakan Spongebob viral di sosial media.

Mobil jenis low multi purpose vehicle (LMPV) ini memang dikenal tangguh dan bandel. Sebagian besar dipengaruhi oleh penggerak belakang (RWD) miliknya, yang jadi pembeda dengan mobil-mobil lain di kelasnya.

Konsumen yang berminat membeli juga tidak perlu risau, karea Avanza Reborn sangat mudah dijumpai di bursa mobil bekas. Usia penggunaannya diklaim masih panjang, dan biaya perawatannya juga murah.

Satu poin yang sering menjadi pertanyaan, jika hendak membeli Avanza Reborn bekas, sebaiknya memilih transmisi manual atau matik?

Baca juga: Toyota Pamer 2 Mobil Listrik Konsep Terbaru

Tukar tambah mobil bekasDok. Goodcar.id Tukar tambah mobil bekas

Juni Siswanto, Technical Leader Auto2000 Ahmad Yani menjelaskan, baik transmisi matik atau manual sebetulnya masih sangat layak dibeli. Semuanya kembali kepada minat dan kebutuha konsumen.

“Kalau beli mobil bekas kan pertimbangan utamanya di dana kan, jadi sebaiknya itu dulu yang diutamakan,” ucapnya kepada Kompas.com, Kamis (24/11/2023).

Namun jika harus menyarankan, Juni sangat menganjurkan kosumen untuk memilih Avanza Reborn dengan transmisi manual saja. Ada beberapa keunggulan yang menurutnya sangat layak menjadi pertimbangan.

Pertama, gigi kopling dari Avanza Reborn terbilang sangat kuat dan bandel, alias sulit rusak. Ini juga menjadi salah satu rahasia dibalik usia penggunaannya yang panjang.

Baca juga: Rumor Hyundai Ioniq 6 N Bakal Diperkenalkan 2025

Pada tahun pertamanya, Toyota Avanza berhasil terjual 43 ribu unit.TAM Pada tahun pertamanya, Toyota Avanza berhasil terjual 43 ribu unit.

“Saya bisa tahu karena saya pakai (Avanza Reborn) juga, memang kuat. Spare part juga mudah dicari,” ucapnya.

Sedangkan untuk alasan kedua, Juni menilai sistem penggerak belakang pada Avanza Reborn jauh lebih cocok jika dikendarai dengan transmisi manual.

“Karena rasio gir di Avanza Reborn terbilang tinggi juga, bisa di atas 5.000 (untuk rasio final). Intinya lebih enak, tenaga rasanya lebih keluar kalau pakai manual,” ucapnya.

Keuntungan lain yang tentunya bisa dirasakan konsumen adalah dari segi harga. Avanza Reborn jenis manual biasanya punya banderol lebih murah jika dibandingkan dengan matik.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com