Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Ajang Balap Pertamina Enduro RSV Racing Championship 2023 Siap Digelar

Kompas.com - 25/11/2023, 13:58 WIB
Daafa Alhaqqy Muhammad,
Aditya Maulana

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Pabrikan helm lokal, RSV Helmet, berkolaborasi dengan Pertamina untuk menghadirkan ajang balap motor terbaru di Indonesia, Pertamina Enduro RSV Racing Championship.

Ajang balap ini akan diselenggarakan pada 8-10 Desember 2023. Sirkuit Sentul, Bogor, Jawa Barat, dipercaya untuk menjadi panggung laga perdana.

Totalnya, akan ada sebanyak 16 kelas yang diperlombakan dalam Pertamina Enduro RSV Racing Championship. Panggung tertinggi disiapkan untuk 5 kelas utama motor bebek underbone 150 cc, dan 6 kelas pendukung motor matic.

Richard Ryan, Executive Director RSV Helmet menjelaskan, ajang balap ini bisa dianggap sebagai stepping stone bagi pebalap-pebalap muda bertalenta, untuk bisa berkarir di ajang profesional, bahkan direkrut pabrikan ternama.

“Balapan ini bisa jadi kesempatan scouting juga untuk para talent seeker (pencari bakat), jadi selain mereka (pebalap) berkompetisi, kami juga menyediakan panggung untuk mendongkrak karir mereka,” ucapnya di Jakarta, Sabtu (25/11/2023).

Baca juga: Valentino Rossi Hadir di Valencia untuk Tentukan Pebalap VR46

Potret angkasa Sirkuit Sentul, BogorMercedes Benz Club Indonesia Potret angkasa Sirkuit Sentul, Bogor

Dia menambahkan, Pertamina Enduro RSV Racing Championship tercipta juga bukan untuk menyaingi atau bahkan mematikan kompetisi-kompetisi balap nasional lainnya, seperti Kejurnas Sport.

“Kami tidak ada niat untuk menyaingi, itu bukan tujuan kami. Seperti yang dibilang ya, ini sebagai upaya mewadahi pebalap-pebalap kita, yang memang animonya besar sekali,” ucap Ryan.

Nugroho Setyo Utomo, VP Sales Domestic Pertamina Lubricants menjelaskan, terwujudnya ajang balap terbaru ini diyakini mampu mendongkrak geliat balapan motor di Indonesia, yang peminatnya juga semakin banyak.

Pihak Pertamina juga mengaku siap mendukung penuh ajang balapan dalam bentuk apapun, baik itu lokal maupun internasional.

“Kenapa kita suport karena kita melihat ada semacam gairah baru yang dibangun RSV bersama dengan kami melakukan ekspansi patnership global, setelah Lamborghini partnership kami dengan VR46, Pertamina Enduro VR46 MotoGP," ujarnya.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com