Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Setelah Bali, Uji Coba Bayar Tol Nirsentuh Akan Dilakukan di Jakarta dan Jabar

Kompas.com - 23/11/2023, 16:12 WIB
Selma Aulia,
Aditya Maulana

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) telah mengagendakan uji coba sistem transaksi tol nirsentuh nontunai atau Multi Lane Free Flow (MLFF) di Gerbang Tol Ngurah Rai pada Desember 2023.

Menteri PUPR Basuki Hadimuljono mengatakan, usai berhasil uji coba MLFF di Tol Bali Mandara, akan dijajal di ruas jalan tol Jakarta dan Jawa Barat.

“Pertama Bali dulu, pekan kedua Desember Bali. Nanti dievaluasi, kalau oke baru kita masukkan di sekitar Jakarta dan Jawa Barat,” ucap Basuki di Gedung DPR RI, Jakarta, Selasa (21/11/2023).

Baca juga: Cara Kerja Bayar Tol Nirsentuh yang Akan Diterapkan di Indonesia

Tol Bali Mandara. Sistem bayar tol tanpa berhenti akan segera diuji coba.Dok. Kementerian PUPR. Tol Bali Mandara. Sistem bayar tol tanpa berhenti akan segera diuji coba.

Sebelumnya, Basuki menyebutkan, akan dilakukan uji coba MLFF di 6 ruas tol lain jika uji perdana di Tol Bali Mandara sukses.

Sehingga, setelah uji coba akan dilakukan evaluasi pada akhir Desember 2023. Jika ditemukan kekurangan, akan diperbaiki. Namun, bila dinyatakan berhasil, maka MLFF diperluas ke gate dan ruas tol lain.

Direktur Jenderal (Dirjen) Bina Marga Hedy Rahadian mengatakan, uji MLFF di Tol Bali Mandara akan dilakukan di satu jalur terlebih dahulu.

Baca juga: Aprilia Luncurkan Trail 125 cc, Lebih Bertenaga dari KLX150 dan CRF150

“Itu kan ada empat-lima lane, kita coba satu lane dulu saja, jadi yang lain tetap biasa,” ucapnya.

Sebagai informasi, MLFF merupakan hasil kerja sama bilateral antara Indonesia dengan Hungaria untuk meningkatkan sistem pembayaran tol Indonesia.

Bahkan, Pemerintah Hungaria berinvestasi 100 persen dari proyek ini dengan nilai investasi sebesar 4,5 triliun dalam bentuk kerja sama pemerintah dan badan Usaha (KPBU).

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com