Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Toprak Mengaku Pernah Tolak Tawaran dari Tim Balap MotoGP

Kompas.com - 22/11/2023, 09:42 WIB
Donny Dwisatryo Priyantoro,
Agung Kurniawan

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Pencarian pebalap yang dilakukan oleh Repsol Honda tidak mudah. Bahkan, tim pabrikan Honda ini juga sampai mencari pebalap World Superbike (WorldSBK) untuk menggantikan Marc Marquez.

Wajar saja jika Honda kelimpungan mencari penggantinya. Sebab, Marquez keluar satu tahun lebih awal dari kontraknya. Sehingga, banyak pebalap lain yang sudah memperpanjang kontrak dengan timnya.

Baca juga: Jadwal MotoGP Valencia 2023, Balapan Digelar Malam Hari

Selain melirik pebalap Moto2 dan MotoGP, Honda diyakini juga melirik pebalap WorldSBK, seperti Toprak Razgatlioglu. Pebalap asal Turki tersebut pindah dari Yamaha ke BMW mulai musim depan.

Juara dunia World Superbike (WorldSBK) 2021, Toprak Razgatlioglu, mengikuti sesi tes privat menggunakan motor MotoGP YZR-M1 di Sirkuit Jerez, Spanyol.Dok. Yamahamotogp.com Juara dunia World Superbike (WorldSBK) 2021, Toprak Razgatlioglu, mengikuti sesi tes privat menggunakan motor MotoGP YZR-M1 di Sirkuit Jerez, Spanyol.

"Saya didekati oleh tim MotoGP, tapi saya sekarang sudah terikat dengan tim pabrikan BMW Superbike untuk dua tahun, hingga akhir 2025. Setelah itu, kita bisa bicara tentang kontrak MotoGP," ujar Toprak, dikutip dari Crash.net, Rabu (22/11/2023).

Meski Toprak tidak menyebutkan dengan jelas bahwa tim tersebut adalah Honda, tapi tidak ada tim balap lain di MotoGP yang saat ini kebingungan mencari pebalap.

Baca juga: Empat Pebalap Kedapatan Melanggar Aturan Tekanan Ban di MotoGP Qatar

Toprak sendiri mengaku pindah ke MotoGP masih menjadi impiannya. Juara dunia WorldSBK 2021 ini menyebutkan bahwa Ducati bisa cocok dengan gaya berkendaranya.

Pembalap Toprak Razgatlioglu mengangkat trofi seusai menjuarai Race 2 World Superbike 2022 di Sirkuit Pertamina Mandalika, Lombok, Nusa Tenggara Barat, Minggu (13/11/2022) siang.KOMPAS.com/Suci Rahayu Pembalap Toprak Razgatlioglu mengangkat trofi seusai menjuarai Race 2 World Superbike 2022 di Sirkuit Pertamina Mandalika, Lombok, Nusa Tenggara Barat, Minggu (13/11/2022) siang.

Tidak menutup kemungkinan pada 2025 impiannya bakal terwujud. Apalagi, mengingat jumlah motor Ducati di MotoGP yang mendominasi.

Honda diyakini menghubungi Toprak sebelum akhirnya beralih ke Luca Marini. Sekarang, dikabarkan bahwa kontrak Marini dengan Honda akan segera rampung.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com