Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Mulai Musim Hujan, Ketahui Perawatan Dasar Motor Listrik

Kompas.com - 17/11/2023, 07:12 WIB
Daafa Alhaqqy Muhammad,
Aditya Maulana

Tim Redaksi

TANGERANG, KOMPAS.com - Memasuki pertengahan November 2023, hujan deras banyak melanda beberapa wilayah di Indonesia, tanda dimulainya pergantian musim.

Menghadapi musim hujan, ada beberapa anjuran bermanfaat yang bisa dilakukan oleh pemilik motor listrik, supaya kualitas kendaraan selalu terjaga dan kondisinya tetap prima.

Anjuran ini dibagikan oleh Adyta Muhammad Sina, pemilik bengkel spesialis motor listrik EVCentrum. Menurutnya, perawatan motor listrik saat musim hujan tidak terlalu rumit.

Adyta menjelaskan, konsumen tidak perlu lagi khawatir soal motor listrik terbakar, bahkan meledak saat terkena air. Hal ini bisa dianggap sebagai mitos lama, dan risikonya sudah sangat menurun seiring dengan meningkatnya teknologi.

Baca juga: Tiptip, Platform Digital buat Bikin Acara Komunitas Otomotif

Test ride motor listrik Gesits Raya GKOMPAS.com/ADITYO WISNU Test ride motor listrik Gesits Raya G

Motor listrik sekarang ini, walaupun modelnya paling murah juga sudah tahan air. Enggak akan meledak, udah kuat-kuat,” ucapnya kepada Kompas.com, Kamis (16/11/2023).

Menurutnya, perawatan yang harus diperhatikan pengguna motor listrik adalah soal kebersihan. Jika motor sudah kehujanan, sebaiknya segera dicuci.

Langkah ini dilakukan untuk menghindari terjadinya karat dan korosi, sebab bahayanya jauh lebih besar dibandingkan korsleting.

“Air hujan kan bisa korosif karena kecampur kotoran, ini bisa bikin dinamo dan controller karatan, jadi bahaya,” ucapnya.

Baca juga: Begini Cara Menghadapi Debt Collector Gadungan, Jangan Panik

Alva CervoKOMPAS.com/ADITYO WISNU Alva Cervo

Jika karat sudah terjadi di bagian dinamo, efeknya adalah tarikan motor listrik berkurang dan sering ngadat. Oleh karenanya, Adyta menyarankan supaya motor listrik sering dicuci, khususnya setelah dipakai saat hujan.

“Dicuci biasa saja, terus dikeringkan. Ini bikin aman dari karatan,” kata dia.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com