Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

DAMRI Operasikan Rute Baru PIK 2–Stasiun MRT Blok M

Kompas.com - 16/11/2023, 07:42 WIB
Dio Dananjaya,
Agung Kurniawan

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com – DAMRI mengoperasikan layanan Jabodetabek Residence Connexion (JR Connexion) untuk rute Pantai Indah Kapuk 2 - Stasiun MRT Blok M mulai 6 November 2023.

Plt. Corporate Secretary DAMRI Chrystian R. M. Pohan mengatakan, rute ini telah mendapatkan respon positif dari masyarakat.

Hal ini dibuktikan saat masa uji coba layanan JR Connexion pada 30 Oktober - 3 November, DAMRI telah melayani ratusan penumpang.

Baca juga: Saat Mobil Matik Parkir, Tuas Transmisi Langsung ke P atau Rem Tangan Dulu?

Pemandangan PIK 2 Pantjoran dari atas bus wisata Transjakarta, Jumat (10/11/2023). KOMPAS.com/FAQIHAH MUHARRORROH ITSNAINI Pemandangan PIK 2 Pantjoran dari atas bus wisata Transjakarta, Jumat (10/11/2023).

"Dalam waktu seminggu antusiasme masyarakat yang memanfaatkan JR Connexion DAMRI sangat tinggi," ujar Chrystian, dalam keterangan resmi (15/11/2023).

Beberapa faktor yang membuat rute ini disukai antara lain karena faktor kenyamanan, keamanan, dan biaya perjalanan JR Connexion DAMRI rute PIK 2 - Stasiun MRT Blok M yang terjangkau sebesar Rp 25.000.

"DAMRI melihat respons masyarakat yang bagus untuk layanan yang tergolong murah, nyaman, dan melewati rute favorit di pusat kota Jakarta," ucap Chrystian.

Baca juga: Cerita Orang Pertama yang Touring Motor Jakarta-Surabaya pada 1917

suasana terminal Blok MKOMPAS.com/ Carolus Dori suasana terminal Blok M

Penambahan rute ini memperluas jangkauan masyarakat dengan memanfaatkan armada DAMRI. Terlebih, moda transportasi umum ini menunjang kebutuhan masyarakat dalam bermobilisasi dari dan menuju wilayah Jakarta.

Dengan memanfaatkan rute PIK 2 - Stasiun MRT Blok M, masyarakat dapat menjangkau fasilitas menuju perkantoran, pendidikan, hingga pariwisata di Jakarta.

Rute layanan DAMRI tersebut dapat dinikmati pelanggan dengan melakukan transaksi melalui kartu pembayaran elektronik, seperti E-Money, Tapcash, dan Brizzi atau dompet digital, seperti QRIS, Gopay, OVO, ShopeePay, dan DANA.

Baca juga: Ingat, Data STNK Bakal Dihapus jika Pajak Kendaraan Mati 2 Tahun

Armada Jabodetabek Residence Connexion (JR Connexion).Dok. Damri Armada Jabodetabek Residence Connexion (JR Connexion).

Pelanggan pun kini dapat memanfaatkan DAMRI Apps untuk mengetahui rute perjalanan dan jadwal operasional JR Connexion secara lengkap. DAMRI Apps dapat diunduh secara gratis melalui Google Play Store atau Apps Store.

Untuk diketahui, setelah Peraturan Pemerintah Nomor 30 Tentang Penggabungan Perum PPD ke dalam Perum DAMRI, maka seluruh bentuk kerja sama yang dilakukan Perum PPD akan dilanjutkan oleh Perum DAMRI.

Sementara itu, kerja sama antara DAMRI dengan Agung Sedayu Group dan PT Indah Kapuk Dua Tbk merupakan salah satu bentuk realisasi pasca merger.

"DAMRI berkomitmen untuk terus meluaskan jangkauan penggunaan transportasi bus sehingga masyarakat memiliki alternatif opsi perjalanan yang mudah," kata Chrystian.

Baca juga: Ini Alasan Kenapa Wajib Matikan AC Mobil Saat Memanaskan Mesin

Stasiun MRT Blok M yang terhubung langsung ke dalam Blok M Plaza.KOMPAS.com/Nabilla Tashandra Stasiun MRT Blok M yang terhubung langsung ke dalam Blok M Plaza.

Berikut ini jadwal operasional JR Connexion DAMRI di PIK 2

1. Tokyo Riverside Apartment PIK 2 - Stasiun MRT Blok M
Rute: Via Bus Stop Rukan Blok L PIK - Halte Fresh Market PIK - Halte PIK Avenue - Tol Sedyatmo - Tol dalam Kota - Cawang Grogol - Jl. Gatot Subroto - Jl. Sudirman - Halte Menara Mandiri - Halte GBK 1 - Halte Bundaran Senayan - Jl. Sisingamangaraja - Halte Al-Azhar - Jl. Panglima Polim - Halte Martha Tiahahu - Stasiun MRT Blok M

2. Stasiun MRT Blok M - Tokyo Riverside Apartment PIK 2
Rute: Via Halte Kejaksaan Agung 2 - Halte Masjid Agung - Jl. Sisingamangaraja - Halte Bundaran Senayan 2 (Panin Bank) - Jl. Sudirman - Ratu Plaza - Halte FX Sudirman - Halte GBK 2 - Halte GBK Pintu 7 - Jl. Gatot Subroto - Pintu Tol Senayan - Tol dalam Kota Cawang Grogol - Tol Sedyatmo - Exit Kamal - Halte Tzu Chi PIK - Halte Rukan Golf Island Blok A - Tokyo Riverside Apartmen PIK 2

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com