Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Benelli Perkenalkan BKX 300, Motor Petualang yang Futuristis

Kompas.com - 12/11/2023, 15:21 WIB
Muhammad Fathan Radityasani,
Azwar Ferdian

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Benelli meluncurkan motor baru dengan nama BKX 300 yang bergaya adventure. Pasar yang dituju untuk BKX 300 adalah generasi muda yang senang bergerak bebas dan ambil jalur yang menantang.

BKX 300 memang punya gaya ala motor petualang tapi tetap ringkas. Jadi tetap enak buat pemula yang baru mau coba adventure, tapi menggunakan motor yang desainnya menarik perhatian.

Benelli klaim dalam siaran resminya kalau BKX 300 dikembangkan di Benelli Style Centre in Pesaro, Italia. Gaya desainnya lebih ke arah bersih atau clean tapi ada garis-garis tegas yang menarik pandangan mata.

Baca juga: Benelli Tornado 552R Meluncur, Dibanderol Rp 69 Jutaan

Benelli BKX 300Benelli Benelli BKX 300

Lampu depannya seperti memakai DRL LED dan ada dua proyektor menumpuk yang jadi lampu utamanya. Pada bagian samping, ada bodi atau shroud yang menyatu desainnya dengan lampu sampai ke tangki dan visor.

Pada bagian dapur pacu, Benelli memakai mesin baru, 292,4cc satu silinder berpendingin cairan. Mesin ini menggantikan unit 250cc yang dipakai pada TRK 251 dan Leoncino 250, kapasitasnya lebih besar dan lebih bertenaga.

Tenaga yang dihasilkan sebesar 29,2 TK di 9.000 RPM dan torsi 24,5 Nm di 7.000 RPM. Tenaga tadi disalurkan ke roda belakang pakai rantai dan terhubung ke transmisi manual enam percepatan.

Baca juga: SPKLU PLN di IKN, Target 19 Titik pada 2024


Soal sasis, Benelli mengatakan kalau sudah didesain untuk memaksimalkan handling dari motornya. Pada bagian kaki-kaki, suspensi depan mengandalkan upside-down 41mm dengan 180mm travel, sedangkan yang belakang pakai monoshock.

Pada sistem pengereman, di depan pakai cakram 280mm model floating dengan kaliper empat piston. Sedangkan di belakang, ukuran cakramnya lebih kecil, 240mm dengan kaliper satu piston.

Benelli BKX 300BENELLI Benelli BKX 300

Layaknya motor petualang kebanyakan, ukuran pelek depan dan belakang beda, di depan 19 inci dan belakang 17 inci. Motor ini sudah dilengkapi dengan layar LCD sebagai instrumennya, ditambah adanya colokan USB untuk mengisi daya.

BKX 300 akan tersedia mulai semester kedua 2024 di beberapa negara, harganya juga belum diumumkan. Kabarnya, Benelli menyiapkan versi 125cc dan 250cc dari BKX untuk beberapa negara.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com