Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Toyota Mirai Jadi Bahan Uji di xEV Center Karawang

Kompas.com - 08/11/2023, 18:01 WIB
Gilang Satria,
Azwar Ferdian

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Toyota terus berusaha mengedukasi masyarakat mengenai kendaraan elektrifikasi. Bukan cuma mobil listrik, tapi juga bahan bakar lain seperti mobil hybrid hingga fuel cell alias hidrogen.

Wakil Presiden Direktur PT Toyota Motor Manufacturing Indonesia, Bob Azam, mengatakan, Toyota Indonesia percaya harus ada solusi praktis dan berkelanjutan dengan menggabungkan berbagai pilihan.

Baca juga: Tantangan Sopir Truk Saat Antar Jemput Muatan di Pelabuhan

Mulai dari teknologi seperti LCGC, flexy engine, Hybrid Electric Vehicle (HEV), Plug in Hybrid Electric Vehicle (PHEV), Battery Electric Vehicle (BEV), hingga hidrogen yang pada akhirnya menyesuaikan kebutuhan konsumen.

Toyota Mirai, sedan bermesin hidrogenDok. Toyota Toyota Mirai, sedan bermesin hidrogen

Bicara fuel cell, Bob mengatakan saat ini Toyota Mirai menjadi salah satu mobil yang dipajang di xEV Center, di Karawang, Jawa Barat.

xEV Center merupakan fasilitas pembelajaran teknologi elektrifikasi di Indonesia. Selain untuk edukasi xEV Center juga mempersiapkan sumber daya manusia dengan kemampuan dan pemahaman yang baik di era elektrifikasi.

“Toyota Mirai kini dapat disaksikan secara langsung di xEV Center yang merupakan fasilitas pembelajaran dan pengembangan kapabilitas elektrifikasi serta energi hijau milik PT TMMIN," kata Bob dalam rilis resmi, Rabu (8/11/2023).

"Ke depannya xEV Center akan meningkatkan fasilitasnya sebagai Toyota Capability Center dengan perluasan area Eco Renewable Energy dan Research lalu akan diikuti dengan area Mobility," ujarnya.

Baca juga: MotoGP Berencana Pakai Mesin 850cc Mulai Musim 2027

Mesin hidrogen milik Toyota MiraiDok. Toyota Mesin hidrogen milik Toyota Mirai

Bob mengatakan, fokus utama bagi elektrifikasi teknologi di tahap pertama yaitu pada energi hijau, kemudian tahap kedua yaitu Pembangunan xEV center dan fokus tahap ketiga yaitu Mobility.

"Masuk ke fase energi hijau berbagai teknologi dan fasilitas yang sumber energinya berasal dari renewable energy seperti Pembangkit Listrik Tenaga Air (PLTA), kincir angin, kincir air, hidrogen, hingga panel surya akan dihadirkan xEV center untuk memperlihatkan ekosistem elektrifikasi dari hulu hingga hilir," ujarnya.

"Sedangkan pada fase Mobilty, xEV center salah satunya akan menghadirkan showcase mengenai Intelligent Transport System," ujar Bob.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com