Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Wacana Pameran Japan Mobility Show Mau Digelar Tiap Tahun

Kompas.com - 07/11/2023, 19:31 WIB
Dio Dananjaya,
Azwar Ferdian

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com – Pameran Japan Mobility Show (JMS) 2023 telah berlangsung pada 26 Oktober – 5 November yang lalu. Selama 11 hari, pameran ini menyajikan berbagai perkembangan otomotif dan teknologi mobilitas dari berbagai merek dunia.

JMS atau yang dulu dikenal sebagai Tokyo Motor Show sejak awal terkenal sebagai pameran dua tahunan. Meski begitu, muncul wacana yang menyebutkan bahwa JMS bakal digelar setiap tahun.

Pasalnya, setiap tahun merek otomotif ataupun industri teknologi lainnya tentunya melahirkan berbagai produk mobilitas terkini.

Baca juga: Intip Bodi Bus Langka Milik PO Garuda Mas

Akio Toyoda, Ketua JAMA sekaligus pemimpin Toyota Motors, saat diwawancara di pameran Japan Mobility Show 2023Dok. Response Akio Toyoda, Ketua JAMA sekaligus pemimpin Toyota Motors, saat diwawancara di pameran Japan Mobility Show 2023

Sayang sekali bila teknologi tersebut tidak langsung diperkenalkan dan harus terlambat karena menunggu acara dua tahunan.

Menanggapi hal ini, Ketua Japan Automobile Manufacturers Association (JAMA) Akio Toyoda, yang merupakan pemimpin Toyota Motors, mengatakan, akan menyerahkan keputusan itu kepada ketua JAMA periode berikutnya.

“Terserah pada ketua berikutnya untuk memutuskan, tapi saya ingin mempertimbangkannya,” ujar Toyoda, dikutip dari Response, Selasa (7/11/2023).

Baca juga: Ducati Kencang karena Semua Pebalap Pakai Data Bagnaia

Jajaran produk Honda di Japan Mobility Show 2023Kompas.com/Aditya Maulana Jajaran produk Honda di Japan Mobility Show 2023

Seperti diketahui, JMS merupakan gelaran berskala dunia. Maka dari itu diperlukan tempat hingga waktu acara yang dipersiapkan secara matang.

“Saya berharap ini akan menjadi awal baru bagi Jepang untuk berkomunikasi dengan dunia. Karena ini adalah pertunjukan mobilitas, tampaknya akan terjadi perubahan model yang besar,” kata Toyoda.

Sebagai informasi, tahun ini Japan Mobility Show berlangsung di Tokyo Big Sight, yang juga dikenal sebagai Tokyo International Exhibition Center atau pusat pameran internasional Tokyo.

Namun, JAMA tengah mempertimbangkan untuk memperluas pamerannya hingga ke Rinkai Fukutoshin. Area tersebut digadang bisa menarik lebih banyak pengunjung untuk datang ke pameran.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com