Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 07/11/2023, 19:21 WIB
Donny Dwisatryo Priyantoro,
Azwar Ferdian

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Banyak pabrikan otomotif yang tidak berdiri sendiri alias berada dalam satu grup tertentu dengan pabrikan lainnya. Setidaknya, ada 13 merek otomotif di dunia yang memiliki grup yang berisikan banyak pabrikan otomotif lainnya.

Informasi tersebut diunggah juga oleh akun Instagram @1320video. Disebutkan bahwa 13 merek otomotif ini adalah pabrikan yang berhasil menggerakkan dunia.

Baca juga: Toyota Produksi 300 Juta Mobil di Dunia, Corolla Paling Banyak

Honda termasuk ke dalam grup, karena memiliki merek lain yang dinaunginya, yakni Acura. Honda adalah produsen mesin terbesar di dunia.

 
 
 
View this post on Instagram
 
 
 

A post shared by 1320video (@1320video)

Toyota juga memiliki grup yang besar dengan diisi oleh Lexus dan Daihatsu. Belum lama ini, Toyota sukses mencatatkan penjualan sebanyak 300 juta unit, dengan penjualan terbanyak dari model Corolla. Sementara Nissan, memiliki merek Infiniti dan Datsun.

Hyundai sendiri menjadi induk dari grup yang diisi bersama Kia. Pabrikan asal Korea Selatan ini jadi satu-satunya pabrikan di dunia yang memberikan garansi 10 tahun untuk powertrain.

Baca juga: Bocoran Spesifikasi bZ5X, Mobil Listrik Terbaru Toyota

Mercedes-Benz juga memiliki merek lain yang dinaunginya, yakni Smart. Begitu pula dengan BMW yang menjadi pimpinan grup untuk Mini dan Rolls-Royce.

Sensasi Duduk di Kursi Penumpang GR CorollaKOMPAS.com/ADITYO WISNU Sensasi Duduk di Kursi Penumpang GR Corolla

Untuk diketahui, BMW merupakan produsen mobil mewah terbesar di dunia. Pada 2022, pabrikan asal Jerman ini berhasil mencatatkan penjualan mobil mewah sebanyak 2,3 juta unit.

Masih dari Jerman, ada juga grup Volkswagen. Grupnya terdiri dari Lamborghini, Porsche, VW, Skoda, Seat, Audi, Cupra, hingga Bentley.

BMW Group Indonesia gelar BMW Group Electric Exhibition di Plaza Senayan hingga 5 November 2023Kompas.com/Nanda BMW Group Indonesia gelar BMW Group Electric Exhibition di Plaza Senayan hingga 5 November 2023

Kemudian, ada juga Geely yang menaungi Volvo, London EV Company (LEVC), Polestar, Proton, Lotus, serta memiliki saham juga di Aston Martin.

Lalu, ada juga grup Renault yang beranggotakan Renault, Renault Samsung Motors, dan Dacia. Tata Motors juga merupakan grup yang memiliki anggota Land Rover dan Jaguar.

Hyundai Motors Indonesia mendukung kesuksesan Indonesia sebagai ASEAN Chairmanship 2023. Hal ini diwujudkan dengan penyerahan armada IONIQ 5 dan IONIQ 6 kepada pemerintah Indonesia melalui Kementerian Sekretariat Negara (Kemensetneg).Dok. Hyundai Motors Indonesia Hyundai Motors Indonesia mendukung kesuksesan Indonesia sebagai ASEAN Chairmanship 2023. Hal ini diwujudkan dengan penyerahan armada IONIQ 5 dan IONIQ 6 kepada pemerintah Indonesia melalui Kementerian Sekretariat Negara (Kemensetneg).

Untuk merek otomotif dari Amerika Serikat, ada grup Ford yang diisi oleh Ford dan Lincoln. Selain itu, ada juga General Motors (GM), salah satu yang terbesar.

GM memiliki banyak anggota di grupnya, yakni Wuling Motors, Cadillac, Chevrolet, GMC, Buick, Baojun, dan Holden. Untuk diketahui, GM merupakan pionir di segmen mobil listrik. GM pertama kali meluncurkan EV1 pada 1996, mobil listrik pertama yang diproduksi secara massal.

Namun, grup terbesar dan memiliki banyak anggota adalah Stellantis. Anggotanya terdiri dari Alfa Romeo, Fiat, Lancia, Jeep, Abarth, Peugeot, Vauxhall, Citroen, Dodge, Chrysler, RAM, Maserati, Opel, dan DS Automobiles.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Video rekomendasi
Video lainnya


Rekomendasi untuk anda
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com