Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

PO Ramayana Luncurkan 3 Unit Bus Baru, Tanpa Livery Pemanah

Kompas.com - 03/11/2023, 14:21 WIB
Janlika Putri Indah Sari,
Azwar Ferdian

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Lama tidak terdengar namanya, Perusahaan Otobus (PO) Ramayana membawa kabar baru saja meluncurkan bus baru.

Tidak tanggung, bus yang diluncurkan oleh bus legendaris tersebut berjumlah tiga unit. Nantinya ketiga kendaraan itu akan digunakan oleh PO Ramayana untuk memperkuat divisi pariwisata. 

Bila diperhatikan dari generasi sebelumnya, unit anyar tampil beda pada desain livery bodi bus. Meskipun begitu bus tetap menggunakan warna unggu yang menjadi ciri khas PO tersebut.

Baca juga: PO Budiman Rilis Bus Baru Pakai Jetbus 5 Single Glass

Hanya saja untuk pola tarikan garis dari livery kini tampil lebih dinamis dan kalem lantaran menojolkan warna putih yang menjadi kelir dasar bus.

Namun, ciri khas dari PO Ramayana justru hilang pada ketiga bus ayar ini, yakni gambar seorang pemanah. Biasanya bodi samping bus selalu berhiaskan gambar orang yang sedang memanah.

Bus baru PO Ramayana pakai bodi Jetbus 5Instagram @adiputro_official Bus baru PO Ramayana pakai bodi Jetbus 5

Baca juga: Muncul Nama Baru Kandidat Pengganti Marquez, Kali ini dari Moto2

 
 
 
View this post on Instagram
 
 
 

A post shared by Garasi Bus Adiputro (@garasi_bus_adiputro)

 

Secara keseluruhan, bus menggunakan balutan bodi Jetbus 5 dari Karoseri Adiputro. Bagian fasia depan bus tampil dengan model double glass dan yang dipermanis dengan bando warna unggu. Kemudian bus ditopang oleh sasis Hino RK 280. 

Pada interior bus dilengkapi dengan kursi penumpang dari Alldila konfigurasi 2-2. Agar penumpang lebih nyaman, pada kabin juga dilengkapi oleg dua TV dan AC Denso LD9. 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com