Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Hyundai Luncurkan Mobil Listrik Rakitan Lokal Tahun Depan, Sinyal Ioniq 7?

Kompas.com - 03/11/2023, 07:42 WIB
Aprida Mega Nanda,
Aditya Maulana

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - PT Hyundai Motors Indonesia (HMID) dipastikan bakal meluncurkan mobil listrik baru di tahun depan.

Mobil listrik tersebut sekaligus akan menjadi model kedua yang diproduksi dalam negeri setelah Hyundai Ioniq 5.

“Sekitar pertengahan tahun depan kami akan meluncurkan produk baru, electric car. Ini sekaligus menjadi kendaraan listrik kedua yang diproduksi secara lokal,” ucap Fransiscus Soerjopranoto saat ditemui di Jakarta Selatan, belum lama ini.

Baca juga: Alex Marquez Tidak Sabar Lihat Kakaknya Pakai Motor Ducati

Lantas, apakah mobil akan diluncurkan adalah Ioniq 7? Mengingat mobil listrik ini sudah diperkenalkan di global sejak 2022 lalu.

Sayangnya, Frans masih enggan memberi bocoran terkait model yang akan diluncurkan. Namun, ia tak menampik dan memberikan jawaban singkat saat ditanya apakah mobil yang akan meluncur adalah Hyundai Ioniq 7.

“Bisa jadi (Ioniq 7 yang dirilis di Indonesia tahun depan),” kata Frans.

Render Hyundai Ioniq 7Dok. Autoexpress.co.uk Render Hyundai Ioniq 7

Sebagai informasi, Ioniq 7 merupakan SUV listrik dengan kapasitas 7 penumpang. Untuk kelas yang sama, mobil ini akan bersaing dengan Tesla Model X dan Mercedes Benz EQB.

Ioniq 7 dikabarkan bakal menggunakan platform yang sam seperti Ioniq 5 dan Ioniq 6, yakni Electric Global Modular Platform (E-GMP).

Dengan E-GMP, Ioniq 5 memiliki jarak sumbu roda hingga 3.000 mm. Ioniq 7 diyakini bisa lebih panjang untuk mengakomodasi ruang kabin yang lebih lapang.

Baca juga: Prioritaskan Ducati, Tim VR46 Buka Pintu buat Pabrikan Lain

Bertambah panjangnya jarak sumbu roda, maka baterai yang digunakan bisa lebih besar lagi. Sehingga, kapasitas dan jarak tempuh mobil juga diyakini bisa meningkat.

Saat ini Hyundai sudah memiliki dua mobil listrik murni, yakni Ioniq 5 dan Ioniq 6. Untuk Ioniq 5 dibanderol mulai Rp 766 juta, sedangkan Ioniq 6 dijual mulai Rp 1,197 miliar.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com