Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Polisi Siapkan Antisipasi Kemacetan Libur Natal dan Tahun Baru

Kompas.com - 02/11/2023, 19:21 WIB
Dio Dananjaya,
Azwar Ferdian

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com – Korps Lalu Lintas (Korlantas) Polri bersama stakeholder terkait mulai mempersiapkan dan mengecek jalur jelang Libur Natal 2023 dan Tahun Baru 2024.

Peninjauan dimulai dari Pos Lalu Lintas Cikopo, Purwakarta – Jawa Barat hingga Pos Kalikangkung – Jawa Tengah, Rabu (1/11/2023).

“Hari ini kita melaksanakan survei untuk jalan tol maupun arteri kita sudah mendapatkan presentasi dari Pak Dirlantas Jawa Barat kemudian teman- teman dari pengelola jalan tol,” ujar Dirgakkum Korlantas Polri Brigjen Pol Aan Suhanan, dilansir dari NTMC Polri (2/11/2023).

Baca juga: Cerita Pemilik Kijang Kapsul yang Lolos Tilang Uji Emisi

Aan mengatakan, telah menyiapkan strategi antisipasi apabila terjadi kepadatan dan perlambatan mulai dari pembatasan angkutan barang, hingga contra flow.

“Strateginya yang pertama kami akan mengusulkan dengan stakeholder untuk membatasi angkutan barang, contra flow,” ucap Aan.

“Kami akan menambah kapasitas jalan melakukan contra flow mulai satu lajur dua lajur sampai tiga lajur,” kata dia.

Baca juga: Toyota Avanza Bekas Taksi Dijual mulai Rp 125 Juta

Menurutnya, titik pertemuan antara Tol Cisumdawu dan Tol Cipali di KM 152 kemungkinan akan terjadi pertemuan arus dari Bandung dan arah Jakarta, yang menyebabkan kepadatan dan perlambatan.

“Kita simulasi CB (Cara Bertindak) apa yang akan kita lakukan sehingga prediksi terjadi kepadatan dan perlambatan di sini bisa kita antisipasi dengan melakukan dobrak (pembukaan contraflow) ke KM sebelumnya dan masuk kembali di KM setelahnya,” kata Aan.

Usai peninjauan di Pos Cikopo – Jawa Barat, perjalanan dilanjutkan ke KM 86 A yang sedang dilakukan pelebaran jalan dan pengecekan di KM 153 A Entrance Cisumdawu – Cipali.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com