Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

AISI Optimistis Tahun Politik Tak Ganggu Penjualan Motor

Kompas.com - 01/11/2023, 16:01 WIB
Dio Dananjaya,
Azwar Ferdian

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com – Asosiasi Industri Sepeda Motor Indonesia (AISI) memprediksi tahun politik tak akan mempengaruhi industri roda dua di Tanah Air. Sebab, kata AISI, ada faktor lain yang justru lebih perlu diperhatikan.

Sigit Kumala, Ketua Bidang Komersial Asosiasi Industri Sepeda Motor Indonesia (AISI) mengatakan, pada dua periode Pemilu sebelumnya, yakni tahun 2014 dan 2019, industri sepeda motor di Indonesia diklaim masih baik-baik saja.

Menurut Sigit, ada faktor di luar politik yang bisa memengaruhi penjualan motor di Indonesia, yakni ekonomi seperti inflasi dan harga pangan.

Baca juga: Cerita Perjuangan Tukang Ojek Beli Mobil Toyota Calya, Sempat Ditolak Diler

Honda PCX 160 di Booth Honda yang pada ajang GIIAS 2023Dok. AHM Honda PCX 160 di Booth Honda yang pada ajang GIIAS 2023

"Faktor ekonomi yang lebih berpengaruh, (inflasi dan harga pangan) justru yang membuat kita lebih takut. Kalau kebutuhan pokok naik, konsumen kan pasti mikir (untuk beli motor baru)," ujar Sigit, di sela-sela pameran IMOS 2023, belum lama ini.

Di lain sisi, Sigit mengatakan, faktor melemahnya nilai tukar rupiah terhadap dolar Amerika Serikat juga bisa memengaruhi industri roda dua.

"Kalau di industri, pelemahan rupiah itu kalau yang kita lihat tidak langsung memberikan dampak. Jadi dampaknya (baru terasa) tiga bulan ke depan," kata Sigit.

Baca juga: Lihat Motor Tercepat di Dunia Suzuki Hayabusa Lagi Diservis

Ia menambahkan, apabila tren nilai tukar terus memburuk pada masa mendatang, maka bisa berdampak pada biaya produksi kendaraan, yang ujung-ujungnya bakal memengaruhi harga jual.

"Tapi kan selama tiga bulan itu pasti ada naik-turunnya. Kalau trennya naik terus, ya pasti kita perlu bicara lagi soal ongkos produksinya," ucap Sigit.

Sebagai informasi, pada sepanjang Januari-September 2023, AISI mencatat lebih dari 4,7 juta unit sepeda motor terjual.

Baca juga: Posisi Duduk dan Handling Suzuki V-Strom 250SX, Ramah buat Pemula

Suzuki Burgman Street 125 EX resmi meluncur di Indonesia KOMPAS.com/Adityo Suzuki Burgman Street 125 EX resmi meluncur di Indonesia

Sampai akhir tahun 2023, AISI menargetkan angka 6 juta unit. Atau dengan kata lain, butuh 1,3 juta unit lagi untuk memenuhi target tersebut.

“Sekarang kan sisa tiga bulan. Anggaplah rata-rata ada 450.000 motor yang terjual setiap bulan. Berarti kan 1,4 juta unit. Kalau ditotal, sampai akhir tahun ada 6,1 juta unit. Lebih dari target,” ujar Sigit.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com