Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Thailand Jadi Inpirasi Desain Modifikasi Truk di Indonesia

Kompas.com - 01/11/2023, 08:01 WIB
Janlika Putri Indah Sari,
Azwar Ferdian

Tim Redaksi

KUDUS, KOMPAS.com - Gaya modifikasi kendaraan ala Thailand atau Thailook Style juga turut mengispirasi dunia modifikasi truk di Indonesia.

Umumnya, truk gaya Thailook punya ciri khas visual yang mencolok menggunakan kelir terang. Kemudian, truk akan ramai disematkan oleh aksesori.

Bima, dari Karoseri New Gembira mengatakan, tampilan modifikasi truk Thailand yang nyeleneh dan tidak masuk akal, justru jadi ide bagi pengemar modifikasi truk di Tanah Air. 

"Modifikasi truk di Thailand itu keren-keren dan unik. Ini bisa jadi ide atau referensi bagi mereka yang ingin melakukan modifikasi truk," kata Bima kepada Kompas.com, Minggu (29/10/2023).

Baca juga: Jamnas Motor Besar Indonesia Eksplorasi Kota Bandung

Namun, menurut Bima untuk gaya modifikasi itu tergantung selera dari masing-masing pemilik truk. Maka dari itu, meski sudah punya inpirasi desain truk yang ingin dibuat, namun tidak akan semuanya mirip. 

Sebab ada kemungkinan pemilik truk tersebut hanya ingin mengikuti warnanya saja. Atau mungkin mengikuti jenis pelek yang digunakan. Sehingga tidak akan sepenuhnya menjiplak desain truk. 

Salah satu truk Canter modifikasiKOMPAS.com/ JANLIKA PUTRI Salah satu truk Canter modifikasi

Baca juga: Alasan LCR Honda Jadi Tim MotoGP yang Punya Dua Sponsor Berbeda

Bima juga mengatakan, di Indonesia ini kebanyakan truk modifikasi juga masih digunakan untuk kerja, bukan hanya untuk kontes saja. Maka dari itu, pemilik truk juga pasti akan memikirkan modifikasi yang tidak akan mengganggu kinerja truk untuk bekerja.

"Namun gaya modifikasi Thailand memang kerap jadi inpirasi, namun nanti tinggal di kolaborasikan dengan ide mereka sendiri," kata Bima. 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com