Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Motor Trail Listrik Honda CR Electric Proto Langsung Dibawa Balapan

Kompas.com - 31/10/2023, 20:01 WIB
Muhammad Fathan Radityasani,
Azwar Ferdian

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Pada seri kedelapan All-Japan Motocross Championship, Honda Racing Corporation (HRC) melakukan hal yang bersejarah, membawa motor trail listrik CR Electric Proto.

Dikutip dari Visordown, CR Electric dikendarai Juara AMA Pro Motocross 250MX tahun 2010 Trey Canard. Bahkan motor listrik tersebut memperlihatkan performa yang kuat, bisa bersaing di depan.

Canard bersaing dengan pebalap Yamaha Jay Wilson selama balapan. Walau akhirnya tetap Wilson yang menang, setidaknya motor listrik trail Honda ini punya potensi dan kompetitif.

Baca juga: Tanpa Motor Listrik, Ini Produk Terlaris Honda di Pameran IMOS 2023

Honda CR Electric Proto yang dites Trey Canard di ajang balap motorossVISORDOWN.com Honda CR Electric Proto yang dites Trey Canard di ajang balap motoross

Tujuannya Honda adalah mengumpulkan data untuk motor balap barunya. Hasilnya positif, dua dari tiga balapan, Canard berada di depan untuk beberapa waktu, cuma di balapan ketiga dia jatuh dan keluar.

Canard bilang, balapan dengan CR Electric Proto adalah tantangan yang besar, tapi jadi momen yang berharga buat mengembangkan motor. Kali ini kelihatan perkembangannya yang terus membaik, adaptasi dengan tantangan.

"Kami punya beberapa keunggulan di beberapa titik trek, itu yang membuat saya semangat dengan masa depan motor listrik ini," kata Canard, dikutip Kompas.com, Selasa (31/10/2023).

Baca juga: Risiko Mobil Matik Selalu Pakai Gigi Rendah Saat Melibas Jalan Berbukit


Manager HRC Team Taichi Honda mengatakan, persiapan CR Electric Proto buat turun balap sangat singkat, Canard juga sangat baik, memperlihatkan potensi yang ada dari motor ini.

"Kami punya tiga balapan dan akan belajar dari semuanya dan dibawa buat dikembangkan lagi oleh CR Electric project," kata Taichi.

Motorcross dibilang jadi motorsport yang potensial buat penggerak elektrik. Mengingat saat balapan tidak perlu terlalu lama ditambah tidak ada suara yang kadang mengganggu masyarakat sekitar kalau pakai motor konvensional.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com