Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Alasan LCR Honda Jadi Tim MotoGP yang Punya Dua Sponsor Berbeda

Kompas.com - 31/10/2023, 19:41 WIB
Muhammad Fathan Radityasani,
Azwar Ferdian

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Membahas tim LCR Honda, saat ini punya dua pebalap dengan sponsor yang berbeda. Alex Rins didukung Castrol, sedangkan Nakaaki Takagami disponsori Idemitsu.

Jadi dalam satu tim, ada dua livery yang berbeda total, Castrol khas dengan warna hijau, sedangkan Idemitsu merah. Hal ini sudah terjadi sejak Nakagami naik ke kelas MotoGP di 2018.

Lucio Cecchinello, pemilik LCR Honda berbincang sedikit mengenai hal tersebut dengan redaksi Kompas.com. Kejadian seperti ini bisa dilihat ke sejarah sejak awal LCR masuk ke MotoGP.

Baca juga: Peluang Skutik Retro Honda Giorno Meluncur di Indonesia

Pebalap tim LCR Honda Takaaki Nakagami saat MotoGP Jerman 2023Twitter @takanakagami30 Pebalap tim LCR Honda Takaaki Nakagami saat MotoGP Jerman 2023

"Kalau ihat ke sejarah kami, kami selalu jadi tim dengan satu pebalap. 2006 Casey Stoner, 2007 Carlos Checa, 2008-2010 Randy de Puniet, 2011 Toni Elias, 2012-2014 Stefan Bradl," kata Lucio kepada Kompas.com belum lama ini.

Kemudian di 2015 LCR jadi tim dengan dua pebalap dengan kehadiran Carl Crutchlow dan Jack Miller. Cuma, itu kejadian satu musim saja, karena Miller masuk Estrella Garcia Marc VDS.

Baru di 2018, ada Nakagami yang naik ke MotoGP, membawa sponsor Idemitsu ke LCR Honda. Makanya saat itu ada dua sponsor di LCR Honda, Castrol dan Idemitsu.

Baca juga: 4 Pebalap Kedapatan Langgar Regulasi Ban, Termasuk Jorge Martin

"Lalu ada dari Honda, kesempatan buat menggunakan tim kami sebagai hub untuk mengembangkan program mereka, yaitu Asia Talent Rider program," kata Lucio.

Lucio menjelaskan, Honda butuh tempat paling tinggi (MotoGP) untuk melengkapi programnya. Mengingat tahap awal sudah ada Asia Talent Cup, lalu ada tim Moto3 dan Moto2.

"Jadi mereka (Honda) minta saya untuk memakai satu spot yang tersedia. LCR Honda Idemitsu adalah program yang di-manage Honda dan pemiliknya tetap LCR," kata Lucio.

Soal dua merek oli yang berbeda, Lucio bilang kalau semua merek oli punya kesempatan buat tampil di MotoGP. Dia pun senang bisa berasosiasi dengan Idemitsu di kelas MotoGP.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com