Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Honda Butuh Waktu 1-2 Tahun untuk Produksi Mobil Hybrid di Indonesia

Kompas.com - 01/11/2023, 07:31 WIB
Aditya Maulana

Editor

SAPPORO, KOMPAS.com - PT Honda Prospect Motor (HPM) berencana untuk memproduksi lokal mobil berteknologi hybrid di Indonesia. Niat itu bakal terealisasi dalam beberapa tahun ke depan, tepatnya usai Honda Motor Co., Ltd mengucurkan investasi tambahan untuk merakit mobil elektrifiksi di pasar domestik.

Sales & Marketing and After Sales Director HPM Yusak Billy mengatakan, sejauh ini belum bisa mengatakan kapan Honda akan mengucurkan investasi lagi di Indonesia untuk ekspansi elektrifikasi. Tapi, dia pastikan produksi berjalan setelah satu atau dua tahun ke depan setelah pengumuman investasi.

Baca juga: HR-V Jadi Hybrid Murah Honda yang Bakal Diproduksi di Indonesia?

"Kira-kira seperti itu, tapi kapan investasinya saya belum bisa bicara sekarang ini," ujar Billy saat berbincang dengan KOMPAS.com di Sapporo, Jepang, Selasa (31/10/2023).

HPM rayakan 20 tahun pabriknya di KarawangHPM HPM rayakan 20 tahun pabriknya di Karawang

Billy mengatakan, secara kesiapan pabrik tentunya memiliki kemampuan untuk memproduksi mobil elektrifikasi, seperti hybrid dan listrik. Maka dari itu ke depannya akan ekspansi atau mengembangkan produk elektrifikasi di dalam negeri.

"Sejauh ini kita akan memproduksi mobil hybrid atau listrik secara lokal pada model yang pasarnya besar di Indonesia. Modelnya apa belum bisa kita informasikan sekarang," tutur Billy.

Sekadar informasi, pabrik PT HPM di Karawang berdiri di atas lahan 51,52 hektar dan memiliki berbagai fasilitas produksi dengan standar kualitas tinggi.

Selain untuk memenuhi permintaan di pasar otomotif Indonesia, beberapa model dan komponen yang diproduksi di pabrik PT HPM juga telah diekspor ke berbagai negara di seluruh dunia.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com