Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

HR-V Jadi Hybrid Murah Honda yang Bakal Diproduksi di Indonesia?

Kompas.com - 31/10/2023, 06:42 WIB
Aditya Maulana

Editor

SAPPORO, KOMPAS.com - Strategi Honda Prospect Motor (HPM) dalam mengembangkan kendaraan elektrifikasi di Indonesia selalu diawali dengan studi, setelah itu berlanjut ke pengenalan produk, dan terakhir memproduksi massal.

Langkah tersebut juga diterapkan pada produk hybrid yang saat ini sedang masuk dalam tahap pengenalan produk dimulai melalui model flagship, yaitu Honda CR-V Hybrid. Setelah diterima pasar, maka berlanjut ke tahap ekspansi atau melakukan produksi lokal.

Model yang akan diproduksi lokal dijelaskan Sales & Marketing and After Sales Director HPM Yusak Billy, tentunya yang memiliki pasar besar, agar secara volume atau hitung-hitungan masuk dengan nilai investasi yang sudah dikucurkan nanti.

Baca juga: Jajal Langsung Honda HR-V Listrik di Jepang

"Jadi tidak mungkin masuk ke segmen yang secara pasar kecil, jadi kalau mau diproduksi lokal itu harus mobil yang pasarnya besar di Indonesia," ujar Billy saat berbincang dengan sejumlah media di Sapporo, Jepang, Senin (30/10/2023) malam.

Merujuk pada data penjualan yang dirilis HPM, model terlaris sampai September 2023, yaitu Brio dengan total penjualan per bulan mencapai 4.000-an unit. Kontribusi kedua, HR-V sekitar 2.100-an unit setiap bulannya.

Honda HR-V Monochrome Series Dok Honda Honda HR-V Monochrome Series

Artinya, besar kemungkinan HPM akan mengambil HR-V untuk dijadikan mobil hybrid murah yang diproduksi massal dalam beberapa tahun ke depan. Secara global, SUV kompak ini juga sudah tersedia pilihan mesin hibrida, termasuk sudah dijual di Jepang, Eropa, dan Thailand.

"Saya belum bisa bicara sekarang ini modelnya apa, tapi yang jelas skemanya akan seperti itu," ucap Billy.

Baca juga: Honda Kasih Sinyal Jual HR-V Listrik di Indonesia

Sebagai informasi, HR-V hybrid sudah dijual di Thailand sejak dua tahun lalu. SUV kompak berteknologi hibrida itu lebih dulu mengaspal di Negeri Gajah Putih karena pemerintah setempat memberikan insentif besar kepada produsen yang menjual mobil hybrid.

"Kalau di Indonesia, kita lihat dari CR-V hybrid penerimaannya sudah cukup bagus, karena terbukti 80 persen penjualan CR-V didominasi oleh varian hybrid," tutur Billy.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com