Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Marquez Ternyata Minta Nasihat Pedrosa Sebelum Putuskan Pindah Tim

Kompas.com - 26/10/2023, 13:42 WIB
Donny Dwisatryo Priyantoro,
Stanly Ravel

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Marc Marquez sudah memutuskan untuk hengkang dari Repsol Honda dan pindah ke Gresini Racing.

Sebelum menetapkan keputusannya, Marquez ternyata sempat meminta nasihat dari mantan rekan setimnya, yakni Dani Pedrosa.

Marquez mengatakan, menghubungi Pedrosa pada Minggu pagi, setelah balapan utama MotoGP Jepang 2023 di Sirkuit Motegi.

Pada seri tersebut, sebelumnya Marquez dikabarkan akan mengumumkan keputusan terkait masa depannya di Honda.

Baca juga: Bos Repsol Honda Siap Kalahkan Marquez di Ducati

"Saya menelepon dia, karena dia berada di Honda sangat lama dan juga memiliki karir yang tidak biasa," ujar Marquez, dikutip dari Crash.net, Kamis (26/10/2023).

Dani Pedrosa dan Marc Marquez Kunjungi Pabrik AHM di Sunterdok.AHM Dani Pedrosa dan Marc Marquez Kunjungi Pabrik AHM di Sunter

"Saya meneleponnya untuk nasihat dari pebalap ke pebalap. Bukan tentang 'haruskah saya atau tidak?' Sebab, dia adalah pebalap, dia bekerja untuk KTM," kata Marquez.

Marquez menambahkan, selama ini dia selalu memiliki hubungan yang sangat baik dengan Pedrosa. Pebalap tes KTM itu pun membantu Marquez dan memberikan nasihatnya.

Baca juga: Stoner Yakin Marquez Masih Bisa Jadi Juara Dunia MotoGP Bareng Honda

"Saya baru saja menonton balapannya, dan beberapa jam kemudian, saya mendapat telepon. Saya tidak bisa memberitahu detail dari percakapan itu. Tapi, tentunya, saya bisa bilang bahwa ketika saya menutup telepon tersebut, saya tidak yakin apa yang akan menjadi pilihannya," ujarnya.

Pebalap Repsol Honda asal Spanyol, Marc Marquez (depan), dan rekan satu timnya, Dani Pedrosa, bersaing pada GP Catalunya, 15 Juni 2014. MOTOGP.COM Pebalap Repsol Honda asal Spanyol, Marc Marquez (depan), dan rekan satu timnya, Dani Pedrosa, bersaing pada GP Catalunya, 15 Juni 2014.

Pedrosa mengatakan, Marquez hanya ingin berbagi pengalaman antara sesama pebalap. Dengan posisinya sekarang sebagai pebalap tes KTM, Pedrosa juga tidak bisa memberi banyak nasihat kepada Marquez.

"Tapi, kami bertukar beberapa informasi. Mungkin, hanya karena saya lama bersama Honda. Dia ingin mendapatkan sudut pandang yang berbeda," ujar Pedrosa.

Pebalap Repsol Honda Team asal Spanyol, Marc Marquez dan Dani Pedrosa (pakai helm), bersalaman setelah menyelesaikan sesi kualifikasi GP Spanyol di Sirkuit Jerez, Sabtu (6/5/2017).MOTOGP.COM Pebalap Repsol Honda Team asal Spanyol, Marc Marquez dan Dani Pedrosa (pakai helm), bersalaman setelah menyelesaikan sesi kualifikasi GP Spanyol di Sirkuit Jerez, Sabtu (6/5/2017).

"Situasinya adalah sulit untuk memilih, karena dia masih dalam kontrak. Dia harus memutus kontrak, itu hal yang selalu sulit untuk dilakukan," kata Pedrosa.

Pedrosa menambahkan, dirinya tidak pernah meragukan talenta Marquez. Kemampuan Marquez untuk bisa melaju kencang tidak diragukan lagi.

Dani Pedrosa mulai ikut kembangkan motor KTM.motogp.com Dani Pedrosa mulai ikut kembangkan motor KTM.

"Kita sudah melihat dia melaju kencang di 125 cc, di Moto2, di MotoGP. Saya tidak melihat alasan mengapa dia tidak bisa beradaptasi dengan Ducati," ujarnya.

Untuk diketahui, Pedrosa sudah menjadi rekan setim Marquez selama enam musim. Sejak masuk ke MotoGP hingga pensiun, Pedrosa selalu bersama tim Repsol Honda. Namun, setelah pensiun, dia memutuskan untuk menjadi pebalap tes KTM.

Sebelumnya, sempat beredar bahwa Marquez akan menghabiskan satu musim bersama Gresini Racing, kemudian pindah ke tim pabrikan KTM.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com