Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Awal Mula Jinba-Ittai, dari Roadster MX-5 sampai Mazda CX-60

Kompas.com - 20/10/2023, 15:21 WIB
Muhammad Fathan Radityasani,
Azwar Ferdian

Tim Redaksi

SEMARANG, KOMPAS.com - Bicara soal mobil Mazda yang modern, familiar dengan namanya Jinba-Ittai. Memang, pabrikan Jepang ini mengambi filosofi tersebut dan menghadirkannya ke lini produknya.

Soal Jinba-Ittai, artinya adalah keserasian antara penunggang dengan kudanya. Kalau di Mazda, maksudnya adalah adanya hubungan yang selaras antara mobil dengan pengemudi.

Terakhir, mobil yang meluncur dari Mazda Indonesia adalah CX-60. SUV premium ini dibilang jadi the perfect Jinba-Ittai. Kompas.com mencobanya dalam perjalanan dari Jakarta ke Semarang dan berkeliling di Jawa Tengah.

Baca juga: Mazda Makin Serius Bahas Local Assembly, Siap Rakit Model CX

Mazda CX-60 Goes to Central JavaMazda Mazda CX-60 Goes to Central Java

Ricky Thio, Managing Director PT Eurokars Motor Indonesia selaku APM Mazda di Indonesia mengatakan, Jinba-Ittai itu dimulai dari sasis saja, tidak seperti sekarang yang lengkap.

"Jinba-Ittai itu basically awal mulanya adalah sasis, tahun 1989 dengan MX-5," kata Ricky di Semarang, Rabu (18/10/2023).

Sasis MX-5 bisa diklaim menawarkan sensasi keterhubungan antara mobil dan pengemudi. Sehingga tercipta mobil yang fun to drive, memenuhi keinginan si orang yang ada di balik kemudi.

Baca juga: Beli Motor Listrik Honda EM1 e: Bisa Kredit, DP Rp 5 Jutaan


"Tapi sekarang sudah ada AWD, lain-lainnya. Enggak mungkin, kita bohong Jinba-Ittai enggak akan sesempurna itu kalau dynamic performance-nya itu cemen," kata Ricky.

Makanya di CX-60 ini dari sektor sasis, mesin, sampai kaki-kaki menciptakan mobil yang menyenankan. Berdasarkan pengetesan kami, akhirnya paham, maksud dari Jinba-Ittai itu apa.

Kami rasakan, CX-60 ini mumpuni buat segala hal. Kalau dipakai di perkotaan yang butuh kenyamanan, dia bisa menyediakan, begitu juga kalau ingin merasakan sensasi mengemudi, performa dari mesinnya tidak main-main.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com