Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Tips agar Tetap Fokus Selama Mengemudikan Mobil

Kompas.com - 20/10/2023, 12:12 WIB
Selma Aulia,
Aditya Maulana

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Menjaga fokus ketika mengemudikan mobil menjadi sebuah tantangan yang harus dihadapi dengan penuh kesadaran dan tanggung jawab.

Terdapat beberapa tips untuk menjaga fokus agar tidak terganggu ketika sedang berkendara, salah satunya memastikan bahwa pengemudi telah istirahat dengan cukup sebelum melakukan perjalanan.

Sony Susmana, Training Director Safety Defensive Consultant Indonesia (SDCI), mengatakan, fokus dalam berkendara membutuhkan teknik-teknik yang saling berkaitan.

Baca juga: Perawatan Motor Tua Eropa dan AS Lebih Mudah Dibandingkan Jepang

Sensasi berkendara Toyota Yaris CrossKompas.com Sensasi berkendara Toyota Yaris Cross

“Pertama, istirahat cukup sebelum dan istirahat berkala di perjalanan,” ungkap Sony kepada Kompas.com, Kamis (20/10/2023).

Menurut Sony, dengan cara tersebut tentunya dapat meminimalkan risiko kecelakaan, meningkatkan konsentrasi, dan memastikan perjalanan lebih aman dan nyaman.

Sony juga mengatakan, untuk selalu membaca arah dan rute yang akan ditempuh. Hal ini berguna untuk membantu dalam menjaga fokus pengemudi, mengurangi kebingungan, dan meningkatkan kepercayaan diri.

Baca juga: Bastianini Cegah Jorge Martin Rebut Kursinya di Ducati

impresi berkendara Mitsubishi XForceKompas.com/Nanda impresi berkendara Mitsubishi XForce

“Menerapkan cara-cara berkendara yang defensive, dan menjaga asupan makan dan minum yang sehat,” tambah Sony.

Dengan menerapkan keduanya, pengemudi bisa menciptakan kondisi tubuh dan pikiran yang optimal untuk menjaga fokus selama perjalanan.

Tak hanya itu, menjaga mood ketika mengemudi juga perlu diperhatikan. Suasana hati yang baik akan meningkatkan fokus dan reaksi pengemudi sehingga perjalanan menjadi menyenangkan dan aman.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com