Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Pabrik Chery di China Terapkan Teknologi Modern

Kompas.com - 19/10/2023, 18:21 WIB
Gilang Satria,
Aditya Maulana

Tim Redaksi


WUHU, KOMPAS.com - Chery unjuk "gigi" pada publik dengan mengajak sejumlah konsumen, mitra, dan media massa dari seluruh dunia mengunjungi pabrik Chery Intelligent Connected Mega Factory, di Wuhu, China.

Shawn Xu, President PT Chery Sales Indonesia dan Vice President Chery International, mengatakan, pabrik ini merupakan salah satu wujud kemajuan teknologi Chery yang sudah menerapkan kinerja AI terdepan.

Baca juga: Cara Mudah Jaga Cat Mobil Tidak Pudar

"Hal ini merupakan langkah kami untuk mewujudkan visi Chery sebagai produsen kendaraan yang bekerja berdasarkan inovasi teknologi, sehingga dapat menghadirkan produk yang maju bercita rasa teknologi kepada para konsumen,“ kata Xu dalam keterangan resmi, Kamis (19/10/2023).

Pabrik mobil Chery Intelligent Connected Mega Factory, di Wuhu, China.Foto: Chery Pabrik mobil Chery Intelligent Connected Mega Factory, di Wuhu, China.

Pabrik di Wuhu ini kapasitas produksi 60 mobil per jam atau satu menit untuk satu mobil lengkap. Kinerja tinggi ini secara total mampu menghasilkan 300.000 unit kendaraan per tahun dan 200.000 suku cadang otomotif knockdown.

Proses manufaktur dibuat terotomatisasi, saling terhubung, terelektrifikasi, dan ramah lingkungan. Hasilnya, produktivitas ini memberikan dampak efisiensi tinggi, biaya operasian rendah dan kualitas tinggi.

Pabtik memiliki area seluas 830.000 meter persegi dan luas bangunan sekitar 550.000 meter persegi. Pabrik memiliki 164 outlet kerja (workstation), enam jalur produksi utama yang terotomatisasi, lima jalur sub-perakitan fleksibel, dan tiga jalur inspeksi.

Baca juga: Rayakan Ulang Tahun ke-35 Bikers Brotherhood Siap Ramaikan Pancoran

CHERY OMODA 5 GT AWDKOMPAS.com/Sendy CHERY OMODA 5 GT AWD

Pabrik kebanggaan Chery ini memproduksi lebih dari 10 jenis seri produk, termasuk jenis ICE, hybrid, BEV, serta produk-produk dari tiga platform generasi baru Chery.

Secara keseluruhan fasilitas utama meliputi bengkel stamping, bengkel las, bengkel pengecatan, bengkel perakitan umum, bengkel modular, bengkel mesin, bengkel transmisi, dan fasilitas pendukung yang relevan.

"Semua fasilitas ini adalah mekanisme yang memungkinkan terjadinya produksi secara simultan untuk kendaraan penumpang bertenaga reguler dan energi terbarukan," kata Xu.

Pabrik mobil Chery Intelligent Connected Mega Factory, di Wuhu, China.Foto: Chery Pabrik mobil Chery Intelligent Connected Mega Factory, di Wuhu, China.

Pabrik didukung lebih dari 300 robot dengan 100 persen tingkat otomatisasi, kontrol pengukuran berkelompok, dan pengukuran secara online.

Baca juga: Cara dan Syarat Mengubah Data pada SIM

Sementara itu, pada bengkel perakitan memiliki banyak keunggulan, seperti proses yang singkat, modularisasi, dan kecerdasan, yang dapat mewujudkan perakitan otomatis, transportasi, dan pengujian produk jaringan cerdas.

Pabrik juga memiliki laboratorium NVH yang terbesar di Asia dengan dan pusat eksperimen Laboratorium Kecelakaan dan Laboratorium NVH yang menjalankan proses pengembangan NVH kendaraan yang lengkap.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com