Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Seberapa Irit Penggunaan BBM Honda CR-V Hybrid Saat Tes di Perkotaan?

Kompas.com - 19/10/2023, 07:02 WIB
Aris F Harvenda

Editor

Bali, KOMPAS.com - Honda Prospect Motor (HPM) menggelar media test drive di Bali pada 16-18 Oktober. Paling menarik dari acara kali ini adalah mencoba varian terbaru pada flagship SUV yaitu CR-V hybrid.

Mengapa menarik? Karena CR-V e:HEV ini merupakan model hibrida pertama yang dijual di Indonesia oleh HPM.

Sebelum mencoba, pihak HPM sedikit memberikan penjelasan seputar teknologi hibrida yang digunakan. Mulai dari tipikal motor listrik hingga fitur 3 mode berkendara.

Baca juga: Honda CR-V e:HEV Lebih Diminati 72 Persen Konsumen

Pada sesi uji coba kali ini Honda memberikan tantangan kepada media untuk berlomba mendapatkan efisiensi bahan bakar untuk CR-V e:HEV yang maksimal.

Kondisi jalan macet dilalui saat mencoba efisiensi Honda CR-V e:HEVKompas.com - Aris Harvenda Kondisi jalan macet dilalui saat mencoba efisiensi Honda CR-V e:HEV

Rute yang akan dilalui kali ini sejauh 62 km, start dari Canna, Nusa Dua, lalu menuju Tlaga Singha, Gianyar, dan berakhir di pelabuhan Tanjung Benoa. Mobil diisi oleh 3 orang penumpang.

Baca juga: Honda CR-V Generasi Kedua Masih Layak Dibeli

Acara dimulai pukul 13.00 WITA dengan kondisi cuaca sangat panas. Usai start, kami hanya diberi kesempatan merasakan jalan lancar tak lebih dari 4 km saja. Kendati demikian jalan yang tersaji sangat membantu untuk pengisian baterai.

Jalan menurun yang cukup panjang dimanfaatkan untuk mengaktifkan B mode pada tuas persneling. Langkah tersebut bisa membantu proses pengisian baterai hasil deselerasi yang menghasilkan panas dari pengereman guna dikonversi menjadi energi yang disimpan pada baterai.

B mode terdapat di tuas persnelling sedangkat decelerator paddle shift terletak di balik roda kemudi Honda CR-V e:HEVKompas.com - Aris Harvenda B mode terdapat di tuas persnelling sedangkat decelerator paddle shift terletak di balik roda kemudi Honda CR-V e:HEV

Selain itu kami juga mencoba tuas decelerator paddle seperti paddle shift yang berada di balik kemudi. Alat tersebut kali ini fungsinya bukan untuk proses naik turun gigi persneling, melainkan mengatur deselerasi. Decelerator paddle shift itu bisa digunakan hingga 4 level.

Gambaran mudahnya, efek B mode dan Decelerator paddle shift tersebut mirip seperti proses engine brake. Jadi laju mobil tertahan karena adanya tekanan pada sistem pengereman.

Proses "menabung" energi pun selesai dan kami harus menghadapi kemacetan yang terbilang parah. Namun hal tersebut bukan jadi halangan karena kebetulan kondisi baterai yang kami miliki cukup untuk mengaktifkan mode listrik selama kemacetan.

Panel meter interaktif sarat informasi yang diberikan pada Honda CR-V e:HEVKompas.com - Aris Harvenda Panel meter interaktif sarat informasi yang diberikan pada Honda CR-V e:HEV

Jadi, kami tak perlu mematikan penyejuk ruang kabin, dan layanan in car entertainment, serta bisa melakukan stop and go menggunakan motor listrik atau full elektrik.

Ketika jalan lengang, kami berusaha menjaga kecepatan sesuai dengan kinerja mesin dan motor listrik yang efisien. Kondisi tersebut bisa dipantau melalui panel meter sebelah kiri.

Setelah melalui perjalanan panjang yang menghabiskan waktu 2 jam 39 menit, akhirnya kami sampai di tujuan akhir. Menilik hasil yang tertera pada panel meter, kami membukukan efisiensi BBM 22,6 kpl. Kecepatan rata-rata yang dihasilkan adalah 23 kpj.

Hasil tersebut menjadikan kelompok kami sebagai yang paling efisien. Sedangkan hasil yang diraih peserta paling belakang adalah 14,9 kpl.

Hasil lomba efisiensi BBM Honda e:HEV di Bali (16/10/2023)Kompas.com - Aris Harvenda Hasil lomba efisiensi BBM Honda e:HEV di Bali (16/10/2023)

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com