Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Video Mobil Nyaris Jatuh dari Atas Hidrolik Saat Cuci Mobil

Kompas.com - 12/10/2023, 06:22 WIB
Aprida Mega Nanda,
Agung Kurniawan

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Viral di media sosial video yang memperlihatkan satu unit mobil nyaris terjatuh dari atas hidrolik di salah satu tempat pencucian mobil.

Video tersebut diunggah oleh akun TikTok bernama Bajuhitam. Dalam rekaman itu, terlihat mobil Honda CR-V sedang diangkat hidrolik. Namun beberapa detik kemudian, mobil tiba-tiba meluncur ke arah depan.

Alhasil roda dari mobil berkelir hitam itu tersangkut di besi hidrolik, bagian muka mobil juga menabrak tembok yang berada tepat di depannya. Pada unggahan lainnya, terlihat bumper mobil yang mengalami kerusakan akibat menabrak tembok tersebut.

Baca juga: Idemitsu Akan Rutin Temukan Pebalap MotoGP dengan Fan di Indonesia

Unggahan ini pun mengundang beragam komentar dari warganet, banyak dari mereka yang menebak mobil tersebut tidak di rem tangan atau handbrake, sehingga bisa meluncur dari atas hidrolik.

“Ini kalau dilihat-lihat posisi tatakannya engga miring, tapi mobil meluncur sendiri kayak ga di rem tangan ya,” tulis akun Driver Amatir.

“Ngga di rem tangan itu mah,” tulis komentar Ekho Nugroho110.

“Antara dua nih, posisi transmisi dalam masuk gigi netral atau belum di handbrake,” tulis akun Minumairputih.

@bajuhitam3 Membalas @sam.ono_yon528 #nyungsep #cucimobil ? Backsound Lucu - Faid rafanda

Terkait kejadian ini, Haikal Qasthalani Muharam pemilik Ceria Car Wash yang berlokasi di Jalan Raya Mauk, Sepatan, Tangerang, mengatakan, tragedi mobil jatuh dari atas hidrolik memang sudah beberapa kali terjadi, untuk itu ada beberapa hal yang harus diperhatikan.

“Kalau di carwash kami, karyawan yang bertugas untuk memindahkan mobil ke atas hidrolik. Namun sebelum itu akan dipastikan dulu bahwa tidak ada barang-barang penting dari pemilik kendaraan yang tertinggal di dalam mobil,” ucap Haikal, kepada Kompas.com, Rabu (11/10/2023).

Haikal melanjutkan, pemindahan mobil naik ke atas hidrolik wajib dilakukan oleh karyawannya untuk menghindari risiko atau kejadian seperti video tersebut.

“Karena kalau pemilik kendaraan yang menaikan mobil ke atas hidrolik banyak risikonya, seperti licin, atau kita juga tidak tahu si pemilik ini sudah benar-benar mahir atau belum bawa mobil, karena ada kejadian di tempat lain pas mau menaikan mobil ke hidrolik dia injek gas bukan rem, alhasil tabrak depan,” kata Haikal.

Cuci mobil hidrolikFoto: OLX Cuci mobil hidrolik

“Belum lagi pemilik mobil yang sering lupa mengaktifkan handbrake. Jadi hal itu akan dilakukan oleh karyawan kami sesuai dengan SOP yang ada, itu mungkin akan meminimalisir 98 persen kejadian serupa,” lanjutnya.

Baca juga: Penjualan Mobil Melandai di September 2023

Selain itu, Haikal melanjutkan, untuk menghindari risiko mobil jatuh, pihaknya selalu melakukan servis dan cek rutin pada sistem hidrolik untuk menghindari malfungsi.

“Kami rutin servis atau cek (sistem hidrolik), karena di luar human error ada mesin yang memang tiba tiba bisa saja mengalami gagal naik atau tiba tiba bocor gasnya,” ucap Haikal.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com