Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Pakai Kacamata Saat Nyetir di Siang Hari Ternyata Bukan Sekadar Gaya

Kompas.com - 06/10/2023, 17:12 WIB
Selma Aulia,
Aditya Maulana

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Mengemudikan mobil di siang hari harus berhadapan dengan sinar matahari yang terik. Kondisi itu tentunya menjadi masalah bagi pengemudi karena dapat menggangu visibilitas.

Sehingga, perlu tindakan pencegahan seperti menggunakan kacamata hitam untuk mengurangi pantulan sinar matahari yang menyilaukan.

Sebagai informasi, cahaya matahari yang intens dapat menciptakan kondisi yang sulit untuk melihat jalan dengan jelas, karena mengakibatkan pantulan atau silau pada kaca depan kendaraan.

Baca juga: Cara Mengatasi Rasa Kantuk Saat Mengemudi

Posisi mengemudi yang ergonomisAris Harvenda Posisi mengemudi yang ergonomis

Sony Susmana, Training Director Safety Defensive Consultant Indonesia (SDCI) mengatakan, syarat utama mengemudi yang tepat adalah harus bebas dari gangguan pandangan.

Mengemudi yang benar harus bebas visibilitas. Maka dari itu sebaiknya menggunakan kacamata hitam digunakan dan efektif saat tertentu saja,” ungkap Sony kepada Kompas.com beberapa waktu lalu.

Sinar matahari pada siang hari yang membuat mata silau, bisa diatasi dengan penggunaan kacamata hitam ketika mengemudi.

Baca juga: Berbahaya Dikonsumsi Saat Mengemudi, Ketahui Jenis Obat yang Menyebabkan Kantuk

Perempuan Arab Saudi, Daniah al-Ghalbi, yang telah memiliki surat izin mengemudi, melakukan test-drive di Jeddah pada Sabtu (23/6/2018), beberapa jam sebelum pemerintah Saudi resmi mencabut larangan mengemudi bagi perempuan pada tengah malam.AFP / AMER HILABI Perempuan Arab Saudi, Daniah al-Ghalbi, yang telah memiliki surat izin mengemudi, melakukan test-drive di Jeddah pada Sabtu (23/6/2018), beberapa jam sebelum pemerintah Saudi resmi mencabut larangan mengemudi bagi perempuan pada tengah malam.

Oleh karena itu, menggunakan kacamata hitam pada siang hari sangat membantu. Namun perlu dicatat, jika tidak silau kacamata hitam harus segera dilepas.

Karena ketika cahaya redup atau tidak ada cahaya yang menyilaukan, dan kacamata hitam masih tetap digunakan, akan menjadi sumber bahaya saat berkendara.

Baca juga: Berapa Batas Usia Lansia Boleh Mengemudi Mobil?

Sony mengatakan, menggunakan kacamata hitam saat cuaca normal, atau situasi yang tidak ada sinar yang menyilaukan mata justru membuat visibilitas terganggu.

“Karena bahanya adalah rasa nyaman yang bisa berujung kantuk,” tambah Sony.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com