Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Cal Crutchlow Ungkap Masalah Motor Yamaha Bukan Tenaga

Kompas.com - 04/10/2023, 11:42 WIB
Gilang Satria,
Agung Kurniawan

Tim Redaksi

Sumber Crash


JAKARTA, KOMPAS.com - Pebalap uji Yamaha Cal Crutchlow mengatakan akselerasi adalah kunci utama pengembangan motor Yamaha YZR-M1 musim depan. Saat ini Yamaha terus menggodok cara supaya motornya lebih kompetitif.

Namun berbeda dengan pebalap utama tim pabrikan Yamaha, Fabio Quartararo yang mengatakana perlu tenaga lebih besar, Crutchlow yakin bahwa kunci utama ialah membuat karakter mesin yang lebih halus bukan sekadar bertenaga.

Baca juga: Toyota Siapkan Charging Spot di Diler sampai Rest Area Tol Trans Jawa

“Kami tidak membutuhkan lebih banyak tenaga. Kami membutuhkan mesin yang lebih halus,” kata Crutchlow dilansir dari Crash, Rabu (4/10/2023).

Test rider Yamaha MotoGP Cal CrutchlowDok. Paddock GP Test rider Yamaha MotoGP Cal Crutchlow

“Katakanlah semua motor memiliki tenaga 300 tk. Di pintu keluar tikungan mana pun Anda tidak menggunakan 300 tk, Anda menggunakan 200 tk," ujarnya.

"Jika Anda menginginkan lebih banyak tenaga (sekarang) Anda dapat menaikkannya (geber di tikungan). Jadi melaju saja dan Anda tidak akan keluar dari tikungan (juga)," katanya.

Pebalap asal Inggris yang pernah jadi joki di Yamaha, Ducati, dan Honda ini yakin bahwa isu utamanya bukan cuma soal tenaga. Namun, bagaimana Yamaha bisa membuat mesin yang halus agar tenaga mengalir dengan baik ke roda belakang.

Baca juga: Harga Baterai Hyundai Ioniq 5 Hampir Setengah Banderol Mobil

Pebalap Monster Energy Yamaha Fabio Quartararo saat tampil dalam rangkaian MotoGP Argentina di Sirkuit Termas de Rio Hondo, Jumat (31/3/2023).AFP/JUAN MABROMATA Pebalap Monster Energy Yamaha Fabio Quartararo saat tampil dalam rangkaian MotoGP Argentina di Sirkuit Termas de Rio Hondo, Jumat (31/3/2023).

“Kami tidak membutuhkan lebih banyak tenaga. Percayalah kepadaku. Saya tahu apa yang dilakukan pabrikan lain. Berapa Newton meter (torsi) yang mereka gunakan saat keluar tikungan," katanya.

"Kami menggunakan lebih banyak dan mesinnya tidak mulus. Jadi kita perlu menuju ke arah yang lebih mulus ini. Saat kita menuju ke arah itu maka akan seperti motor musim 2019," ujarnya.

"Anda akan melihat akselerasi motorrnya. Karena di ujung lintasan lurus akan lebih cepat karena lebih cepat keluar dari tikungan. Sekarang kami hanya berputar-putar," kata Curtchlow.

Baca juga: Toyota Genjot Bangun Ekosistem EV di Indonesia

Seorang mekanik sedang mempersiapkan motor Yamaha YZR-M1 2022 milik Fabio Quartararo (Monster Energy Yamaha) di Sirkuit Termas de Rio Hondo menjelang MotoGP Argentina 2022, Kamis (31/3/2022) waktu setempat.AFP/ JUAN MABROMATA Seorang mekanik sedang mempersiapkan motor Yamaha YZR-M1 2022 milik Fabio Quartararo (Monster Energy Yamaha) di Sirkuit Termas de Rio Hondo menjelang MotoGP Argentina 2022, Kamis (31/3/2022) waktu setempat.

Soal performa motor 2023, Crutchlow menyebut sudah mengatakan akar masalahnya pada tes tahun lalu.

“Saya sudah menguji mesin ini (motor 2023) tahun lalu dan mengatakan mesin tersebut akan menimbulkan masalah dan sekarang kami menghadapi masalah tersebut," ujarnya.

“Oke, Anda (bisa) memperbaikinya dengan elektronik, tapi kemudian saat Anda berputar lebih banyak, Anda masuk ke kontrol traksi, sehingga Anda menjadi lebih lambat. Jadi itu pasti berasal dari karakter mesin," katanya.

 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com