Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Toyota Siapkan Charging Spot di Diler sampai Rest Area Tol Trans-Jawa

Kompas.com - 04/10/2023, 10:31 WIB
Stanly Ravel

Editor

JAKARTA, KOMPAS.com - Berkomitmen menghadirkan ekosistem dan mendukung mobilitas kendaraan elektrifikasi, yakni Battery Electric Vehicle (BEV), Plug-in Hybrid Electric Vehicle (PHEV), dan Hybrid Electric Vehicle (HEV), PT Toyota Astra Motor (TAM) siap membangun Toyota xEV Ecosystem.

Toyota xEV Ecosystem dibangun dalam bentuk fasilitas charging spot yang berada di jaringan outlet Toyota. Sementara ekosistem Privilage Charging Spot dan Privilege Parking Spot yang mudah diakses, aman, dan nyaman juga disiapkan di berbagai area publik.

Sedangkan untuk fasilitas Ultra Fast Charging Spot, untuk saat ini sedang disiapkan yang penempatannya bakal berada di rest area Jalan Tol Trans-Jawa. Tujuannya guna menjaga mobilitas jarak jauh xEV Toyota.

Direktur Pemasaran PT TAM Anton Jimmi Suwandi mengatakan, kehadiran xEV Ecosystem dalam bentuk fasilitas charging spot untuk kendaraan elektrifikasi Toyota dan Lexus, jenis BEV dan PHEV secara gratis di 50 outlet Toyota akan terus bertambah seiring waktu.

Baca juga: Modifikasi Mobil Listrik Pakai Suara Knalpot Mobil Bensin

Toyota xEV EcosystemTAM Toyota xEV Ecosystem

"Fasilitas ini melengkapi bengkel resmi di seluruh Indonesia yang sanggup melakukan servis berkala dan perbaikan semua jenis kendaraan elektrifikasi Toyota. Dengan visi continuous improvement, Toyota xEV Ecosystem disiapkan pula di area publik untuk memberikan kemudahan dan mendukung lifestyle pelanggan, terutama persiapan di rest area Jalan Tol Trans-Jawa demi meningkatkan daya jelajah xEV Toyota," ucap Anton dalam keterangan resminya, Selasa (3/10/2023).

Lebih lanjut, Anton menjelaskan, Toyota xEV Ecosystem dibangun untuk memudahkan pelanggan dalam melakukan servis dan pengisian daya di bengkel resmi Toyota.

Dengan jaringan workshop yang tersebar di seluruh wilayah Indonesia, konsumen tak hanya dapat melakukan servis berkala dan perbaikan kendaraan, tapi juga mengisi ulang baterai secara gratis.

Baca juga: Toyota Rangga Concept Jadi Kendaraan Khusus Toilet Difabel

Sampai akhir 2023, ditargetkan fasilitas ini akan bertambah di 200 diler. Rencananya, paling lambat pada 2025, semua outlet Toyota di Indonesia telah memiliki fasilitas charging spot berdaya 22 kW, termasuk pemasangan sekitar 5 unit UFC di outlet Toyota yang ada di sekitar Pulau Jawa.

Untuk mendukung mobilitas di perkotaan, Toyota menghadirkan Toyota xEV Ecosystem di area publik terpilih. Sebagai pilot project kini tersedia Privilege Charging Spot dan Privilege Parking Spot di ASHTA Mal yang berada di kawasan eksklusif SCBD, Jakarta Selatan.

Adapun Privilege Charging Spot merupakan fasilitas isi ulang baterai xEV yang disediakan untuk produk BEV dan PHEV Toyota. Tersedia 1 unit Ultra Fast Charger 120 kW yang memiliki tiga jenis gun charger, yakni tipe CCS2, CHAdeMO, dan AC Type 2 (22 kW)) serta 2 unit AC Charger Type 2 7 kW.

Sementara untuk menjangkau wilayah yang lebih luas, penempatan Ultra Fast Charging Spot di rest area Jalan Tol Trans-Jawa rencananya akan menggunakan unit DC Ultra Fast Charger (UFC) berdaya 120 kW.

Baca juga: Mengisi Daya Hyundai Ioniq 5 Bluelink Pakai Ultra Fast Charging

Toyota juga akan mengoperasikan berbagai tambahan unit UFC 120 kW bersama AC Charger 7 kW dan 22 kW pada beberapa rest area lainnya, termasuk akan membangun fasilitas serupa di beberapa mal yang akan disesuaikan dengan alokasinya.

Toyota xEV EcosystemTAM Toyota xEV Ecosystem

"Sejalan visi Toyota Environmental Challenge 2050 dan Net Zero Emission 2060 Pemerintah Indonesia, kami akan menambah lokasi dan fasilitas Toyota xEV Ecosystem untuk mendukung mobilitas pelanggan dan supaya lebih banyak masyarakat berpartisipasi dalam menekan emisi karbon," kata Marketing Director PT Toyota-Astra Motor (TAM), Fumitaka Kawashima.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com