Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Honda Mulai Sibuk Cari Pengganti Marquez, Zarco Masuk Incaran

Kompas.com - 03/10/2023, 14:41 WIB
Aprida Mega Nanda,
Azwar Ferdian

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Kabar kepindahan pebalap Repsol Honda Marc Marquez ke Gresini Racing semakin santer dibicarakan. Terlebih setelah General Manager Ducati Corse Gigi Dall'Igna menyebut bahwa The Baby Alien telah memutuskan untuk meninggalkan Honda dan bergabung dengan Ducati.

Dikutip dari Speedweek, Selasa (3/10/2023), kabar terbaru mengatakan bahwa Honda sudah mulai sibuk mencari pengganti posisi Marquez.

Hal ini diungkapkan oleh seorang manajer pebalap di Jepang yang mengatakan bahwa Repsol Honda sedang menghubungi sejumlah pebalap untuk menggantikan Marquez di MotoGP.

“Honda saat ini sedang menghubungi setiap pebalap MotoGP,” ucap manajer tersebut, dikutip dari Speedweek, Selasa (3/10/2023).

Baca juga: Mobil Sport Listrik Neta GT, Jarak Tempuh hingga 580 Km

Ada beberapa opsi pebalap sebagai pengganti Marquez di MotoGP. Pertama adalah Johann Zarco. Seperti diketahui Zarco memutuskan bergabung dengan LCR Honda di musim depan, menggantikan posisi Alex Rins yang sudah lebih dulu pindah ke tim pabrikan Yamaha.

Namun, rider asal Perancis ini bisa saja dipindahkan ke Repsol Honda sebagai tindakan ‘darurat’ untuk menggantikan Marquez.

Pebalap Honda Red Bull KTM Ajo asal Spanyol Pedro Acosta merayakan juara dunianya di podium setelah memenangi balapan Moto3 Grand Prix Portugal di Sirkuit Internasional Algarve, Portimao, pada 7 November 2021.PATRICIA DE MELO MOREIRA Pebalap Honda Red Bull KTM Ajo asal Spanyol Pedro Acosta merayakan juara dunianya di podium setelah memenangi balapan Moto3 Grand Prix Portugal di Sirkuit Internasional Algarve, Portimao, pada 7 November 2021.

Kandidat pebalap selanjutnya adalah rider Moto2 Pedro Acosta. Acosta yang saat ini membalap untuk Red Bull KTM Ajo di Moto2, performanya begitu apik hingga sering disebut sebagai “The New Marc Marquez”. Tak heran jika Honda melirik Acosta untuk menggantikan Marquez di Repsol Honda.

Kendati demikian, hal tersebut tampaknya sulit untuk dilakukan, sebab, KTM disebut sudah mengontrak Acosta untuk balapan di GASGAS Factory Racing Team pada musim 2024.

Adapun kandidat terakhir adalah Miguel Oliveira, rider satelit Aprilia ini disebut cocok untuk menggantikan Marquez. Terlebih setelah dirinya memenangkan beberapa seri balapan di MotoGP, salah satunya adalah seri MotoGP Mandalika 2022.

Seperti diketahui, sebelumnya Marquez mengungkapkan punya tiga opsi untuk masa depannya. Pertama adalah bertahan dengan Honda, sedangkan pilihan kedua pindah ke Gresini Ducati seperti yang dirumorkan belakangan ini.

Baca juga: Tips Membeli Mobil Bekas Agar Tidak Kena Tipu Pedagang

Sementara opsi lainnya, dilaporkan oleh Sky Sport Italia, rider yang identik dengan nomor 93 ini akan mengambil cuti panjang untuk bergabung dengan KTM di musim 2025 mendatang.

Kabarnya, pebalap asal Spanyol itu memutuskan untuk pindah ke Gresini Racing, santer dibicarakan bahwa Marquez akan mengumumkan kepindahannya di MotoGP Mandalika 2023.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com