Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Hyundai Berharap Harga Mobil Listrik Bisa Lebih Murah

Kompas.com - 03/10/2023, 09:02 WIB
Donny Dwisatryo Priyantoro,
Agung Kurniawan

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Hyundai bekerja sama dengan LG Solution Mobility sedang dalam proses membangun pabrik baterai. Dengan baterai buatan lokal, PT Hyundai Motors Indonesia (HMID) berharap bisa membuat mobil listrik yang lebih terjangkau alias murah.

Saat ini, harga mobil listrik banyak yang berada di atas Rp 500 jutaan. Hanya beberapa pabrikan yang memasarkan mobil listrik di bawah Rp 500 juta.

Baca juga: Diduga Hyundai Staria Hybrid Tertangkap Kamera Sedang Tes

Franciscus Soerjopranoto, COO HMID, mengatakan, pasar mobil listrik sekarang ini diibaratkan masih kertas putih. Pemainnya tidak banyak, kisaran harganya masih banyak dan panjang.

Presiden Joko Widodo meninjau langsung pabrik baterai mobil listrik PT Hyundai LG Industry (HLI) Green Power di Kabupaten Karawang, Provinsi Jawa Barat, pada Kamis, 14 September 2023. Foto: BPMI Setpres/Laily Rachev Presiden Joko Widodo meninjau langsung pabrik baterai mobil listrik PT Hyundai LG Industry (HLI) Green Power di Kabupaten Karawang, Provinsi Jawa Barat, pada Kamis, 14 September 2023.

"Ada yang Rp 188,9 juta ada yang di atas Rp 3 miliar. Masih panjang sekali, tidak seperti yang ICE (internal combustion engine)," ujar Frans, kepada wartawan, di Jakarta, Senin (2/10/2023).

Frans mengatakan, ada kemungkinan, karena nanti baterainya diproduksi di Indonesia, maka biaya logistik juga pasti terpangkas. Sebab, yang harusnya nikel, atau raw materialnya dikirimkan ke luar terus kembali dalam bentuk baterai, itu akan diproduksi di Indonesia.

Baca juga: Melihat Drift King Melibas Tikungan dengan Hyundai Ioniq 5 N

"Jadi, dengan kata lain, dengan cost produksi tersebut, harapannya kita bisa memproduksi mobil-mobil yang lebih sesuai dengan pasar di Indonesia dan range-nya bisa lebih bervariasi, bisa di atas Ioniq 5, bisa di bawah Ioniq 5 juga," kata Frans.

Mobil listrik terbaru diduga Hyundai Casper EVDok. Carscoops.com Mobil listrik terbaru diduga Hyundai Casper EV

Untuk diketahui, saat ini harga termurah Ioniq 5 dibanderol Rp 759 juta (OTR Jakarta), untuk tipe Bluelink Prime Standard Range.

Belum lama ini, Hyundai diketahui sedang mengetes Casper EV. Namun, SUV dengan dimensi ringkas tersebut kabarnya disiapkan untuk pasar Eropa.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com